AdvertorialKab Banjar

Paman Birin Rencanakan Renovasi Makam Datu Kelampayan di 2018

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Memperingati Haul ke-212 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary atau yang sering disebut Datu Kelampayan, puluhan ribu jamaah membanjiri acara yang diselenggarakan di Mesjid Tuhfaturoghibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Rabu (20/6) pagi.

Berbagai elemen masyarakat berkumpul di sana tanpa memandang status sosial dan jabatan, semuanya sama sebagai jamaah haul Datu Kelampayan.

Kesamaan derajat tersebut begitu nampak terlihat saat orang nomor satu di Kalsel yakni Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang ikut berjejal dengan jamaah lain saat di lokasi acara haul.

Di momentum Haul ke-212 Datu Kelampayan ini, Paman Birin –panggilan terkenal Gubernur Kalsel- berencana untuk merehab Makam Datu Kelampayan yang berada di Kelampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya, rencana rehab makam Ulama Besar Kalsel Abad ke-18 ini merupakan rencana yang sudah dilontarkan sejak tahun lalu. Pada kesempatan ini Gubernur akan segera merealisasikannya.

“Sesuai janji saya pada haulan sebelumnya, bahwa di tahun 2018 Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary akan direnovasi” ucapnya.

Meski diguyur hujan sejak pagi hari hingga selesai acara, namun acara tetap berjalan lancar dan tidak menyurutkan niat para jemaah menuju lokasi tempat kegiatan haulan.

Haulan ini dihadiri Para Habaib, Alim Ulama, Sejumlah pejabat, Seperti Anggota DPR RI, Jajaran Forkopimda Prov Kalsel, Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Abdul Haris, MSi, Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, dan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansur, Bupati Tanah Bumbu, Walikota Ibnu Sina Mardani H Maming, Bupati HSU, H Abdul Wahid, Penjabat Bupati Tapin, Gusti Syahyar, serta Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel. (dra)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close