Kalsel  

Paman Birin Motivasi Pelajar Berkompetisi di Popda Kalsel

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama pelajar pada pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel Tahun 2024, Senin (13/5/2024) di Stadion 2 Desember Kandangan. (Sumber Foto Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka langsung even olahraga pelajar, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel Tahun 2024, Senin (13/5/2024) di Stadion 2 Desember Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Kehadiran Paman Birin menjadi sesuatu yang istimewa, usai acara pembukaan ia menjadi pusat perhatian para atlet pelajar untuk berswafoto.

Paman Birin pun tampak dengan sabar dan senang melayani antusias pelajar dalam memeriahkan Popda ini.

Usai berfoto bergantian antar kelompok, Paman Birin pun membakar semangat para pelajar dengan menyerukan semboyan.

“Bergerak, yes. Jangan pengoler,” ajak Paman Birin yang diikuti para pelajar, selanjutnya para atlet pelajar pun bersalaman dan terlihat raut kebahagiaan.

Paman Birin berpesan kepada para pelajar bahwasanya setiap berlomba harus dibarengi ketekunan berlatih sampai benar-benar kompetensi dibidangnya tersebut.

“Melalui Popda Provinsi Kalsel ini pula menjadikan ajang pendidikan keolahragaan. Tentu juga sebagai wahana untuk menimba pengetahuan, pembentukan kepribadian dan meningkatkan keterampilan diri dalam cabang olahraganya masing-masing,” pesan Paman Birin.

Bersama satuan Dinas Pendidikan dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, Paman Birin mendorong instansi lembaga terkait untuk membina para atlet pelajar dalam ragam pelatihannya.

Menurutnya, kita harus membangun paradigma pendidikan yang maju untuk generasi emas di masa mendatang.

“Satuan pendidikan harus mampu memantau, menggali dan membina para atlet pelajar ini. Karena mereka sangat potensial ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelajar Muhammad Saubari (17) pelajar asal SMAN 1 Belawang, Teluk Tamba, Tabukan, Kabupaten Barito Kuala mengaku senang dapat berjumpa dengan Gubernur Kalimantan Selatan.

“Sangat senang sekali bisa berfoto dengan Bapak Gubernur. Ini pertama kali ketemu Paman Birin,” ujarnya.

Saubari merupakan atlet bola voli putra yang mewakili asal Batola tingkat pelajar. Ia berkali-kali ikut memenangkan juara, hingga akhirnya berlaga untuk lomba tingkat provinsi.

“Sebelumnya, kita sering memenangkan lomba antar sekolah. Akhirnya, ulun mewakili Kabupaten Batola ke tingkat provinsi ini,” cerita Saubari

Menggunakan seragam olahraga dengan corak khas Dayak Bakumpai, Saubari mengaku telah siap berlomba untuk melawan antar pelajar daerah nantinya.

Dirinya telah menyiapkan pelatihan sejak setengah bulan lalu, baik pelatihan fisik maupun mentalnya.

“Latihan ringan untuk menambah performa. Insya Allah, kita siap memenangkan lomba Popda Kalsel ini, mengharumkan nama Batola, ” tandasnya.

Sementara itu, rangkaian acara Popda Kalsel juga dihiasi oleh Warung Gratis Acil Odah yang menyajikan sejumlah menu makanan ringan, seperti jagung dan ragam gorengan (tempe, tahu, bakwan dan sebagainya).

Tersedia minuman, baik itu es teh dan sirum dingin khas Kandangan. Tak sampai beberapa menit, warung Acil Odah diserbu oleh atlet pelajar dan ludes dengan sekejap tanpa tersisa. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *