Paman Birin Menggelar Lomba Mancing Di Aranio

oleh -140 views
Paman Birin Menggelar Lomba Mancing Di Aranio
Paman Birin bersama para juara lomba mancing di Aranio. (Foto: ist/koranbanjar.net)

ARANIO, koranbanjar.net – Paman Birin alias Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melaksanakan hajatan besar untuk para pemancing mania, Minggu (13/10/2019) di Pulau Marahai Dusun Liang Tauman Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio.

Yakni, lomba mancing ikan sebanyak-banyaknya, memperebutkan tropi Paman Birin di lokasi memancing yang termasuk kawasan waduk PLTA Riam Kanan wilayah Tahura Sultan Adam.

Antusias peserta tampak dari banyaknya pemancing turut serta maupun berpartisipasi. Tercatat, 350 peserta ikut memperebutkan tropi orang nomor satu Provinsi Kalsel, digelar sejak pagi hingga sore hari.

Kepala Desa Tiwingan Lama Arbani ketika dikonfirmasi di lokasi kegiatan mengatakan, lomba mancing ini nanti dijadikan event tahunan. “Kegiatan selain mendapatkan dukungan penuh dari Paman Birin,  diselenggarakan bersama Karang Taruna Pelita Harapan dan Aliansi Pemuda Anti Narkoba Kalimantan Selatan,” katanya.

Di dalam pelaksanaan berikutnya Arbani mengharapkan kepada semua pihak untuk dapat lebih memberikan dukungan, bukan hanya Paman Birin, sehingga event semakin dikenal luas. “Lomba mancing bukan hanya pesertanya dari Kalimantan Selatan, tapi juga dari luar banua,” sebut dia.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hanif Faisol Nurofiq yang juga turut hadir menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lomba mancing di kawasan Tahura Sultan Adam dan waduk PLTA Riam Kanan. “Saya mendukung pelaksanaan kegiatan agar terlaksana setiap tahun. Namun, bisa dalam bentuk lain bukan saja lomba memancing,” ungkap Hanif.

Ditambahkan Hanif, pengelola waduk PLTA Riam Kanan yang termasuk dalam kawasan hutan konservasi Tahura Sultan Adam, tentu tidak akan tinggal diam. Pasti turut mendukung berbagai event yang bakal digelar.

“Kecamatan Aranio ini bukan hanya berpotensi menyajikan wisata alam yang menampilkan panorama dan keindahan alam, semua bisa kita jadikan wisata,” katanya.

Tujuannya, bukan semata meningkatkan perekonomian masyarakat dan memperkenalkan lebih luas obyek wisata di Aranio. Hal penting adalah pelestarian kawasan hutan sekitar waduk PLTA Riam Kanan. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan