oleh

Paman Birin Dan Guru Khalil Panen Perdana Padi Serasi

BERUNTUNG BARU, koranbanjar.net – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Bupati Banjar H Khalilurrahman biasa disebut Guru Khalil, memanen perdana padi dari hasil program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Desa Selat Makmur, Beruntung Baru, Kabupaten Banjar. Kamis (12/3/2020).

Serasi merupakan salah satu program dari Kementerian Pertanian RI. Di Kalimantan Selatan terdapat sembilan kabupaten atau daerah sasaran Serasi. Dengan Kabupaten Banjar mendapat jatah luas areal tanam sebanyak 23 ribu hektare dari total 120 ribu hektare untuk tahun anggaran 2020.

Kecamatan Beruntung Baru sendiri memiliki luas total wilayah serasi 3000 hektare, dan yang dipanen saat ini ada 500 hektare.

Usai memanen padi, Gubernur Kalsel langsung meneruskan menanam bibit padi di lokasi yang sama.

Melihat banyaknya padi menguning, Paman Birin merasa bangga dan bersyukur.

“Dengan adanya Serasi ini, maka saat ini para petani dapat memanen padi setahun tiga kali. Jadi setelah memanen, tanam lagi, begitu seterusnya,” ucap Gubernur Kalsel.

Dengan adanya program Serasi, tentunya akan menjadikan lahan pertanian di Kalsel menjadi lahan yang aktif untuk menanam padi, sehingga kebutuhan beras di Kalsel dapat terpenuhi.

“Seperti yang diketahui, beras merupakan konsumsi utama masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, semua lahan pertanian di Kalsel harus digerakkan agar menghasilkan padi atau beras yang berlimpah, agar kebutuhan dapat terpenuhi bahkan kita bisa mengekspor keluar,” jelas Paman Birin.

Sementara itu, H Khalilurrahman tidak menduga bahwa persawahan di Kabupaten Banjar bisa digunakan untuk Program Serasi.

“Tentunya Program Serasi ini sangat baik untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Banjar ini. Saya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur Kalsel dan jajaran serta Kementan dalam mendorong peningkatan produksi pertanian di wilayah Kabupaten Banjar,” tutup Bupati Banjar. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan