Kalsel  

Pahlawanku Teladanku, Paman Birin Pimpin Apel Hari Pahlawan di Banjarbaru

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Kamis (10/11/2022). (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor atau Paman Birin pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Kamis (10/11/2022).

BANJARBARU, koranbanjar.net Tampak hadir dalam peringatan Hari Pahlawan itu Ketua DPRD Kalsel, Danrem, Kapolda Kalsel, Danlanud, Danlanal, pimpinan instansi lembaga vertikal, para veteran serta tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan yang mengambil tema Pahlawanku Teladanku.

Paman Birin yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, nampak berpakaian layaknya seorang pejuang kemerdekaan, dan menyampaikan amanat tertulis dari Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Disampaikan Paman Birin, bahwa teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku.

Disampaikan, saat ini berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata.

“Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” sampainya.

Dikatakan pula bahwa tantangan sesungguhnya bagi para pejuang muda adalah mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta.

“Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” tambahnya.

Selanjutnya, Paman Birin mengajak untuk mengenang dan menghormati perjuangan para Pahlawan.

“Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa,” tegasnya.

Sementara untuk pembacaan UUD 1954 dibawakan oleh Ketua DPRD H. Supian HK, pesan-pesan pahlawan disampaikan oleh Ketua LVRI Kalsel serta pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Kalsel.

Diakhir acara ditampilkan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan santriawan-santriawati Ponpes Darusalam Martapura.

Selain itu, juga disajikan pertunjukan treatrikal perjuangan pahlawan banua seperti Pangeran Antasari dan Demang Leman. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *