Paguyuban Batak Saijaan Gelar Pesta Bona Taon dan Harmoni Musik

Pesta Bona Taon dan Harmoni Musik Batak oleh Paguyuban Batak Saijaan (foto: icah/koranbanjar.net)

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Masyarakat Batak se-Kabupaten Kotabaru yang tergabung dalam Paguyuban Batak Saijaan, menggelar Pesta Bona Taon dan Harmoni Musik Batak, Sabtu (6/4).

Pesta budaya adat Batak yang digelar di Ballroom Hotel Grend Surya Kotabaru tersebut, merupakan acara rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali.

Ketua Puguyuban Batak Saijaan, Rustam Sinaga, mengatakan, pesta budaya tersebut merupakan program kerja pengurus  harian paguyuban.

(foto: icah/koranbanjar.net)

“Tujuannya untuk mempersatukan orang-orang Batak yang ada di Kotabaru. Paguyuban ini sudah terdaftar resmi di Kesbangpol dan membawahi 24 marga,” katanya.

Menurutnya, pesta budaya adat Batak juga bertujuan untuk persatuan dan dapat ikut dalam kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

“Kami juga bagian dari masyarakat Kotabaru dan ingin ikut berpartisipasi memajukan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia (SDM), Cipta Waspa, mengatakan, Pemkab setempat menyambut baik pelaksanaan acara pesta Bona Taon Batak Saijaan.

“Ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas segala berkat yang diterima ditahun ini. Jadi bukan hanya sekedar acara kumpul-kumpul saja,” katanya.

Melalui pesta bona taon Batak, dapat memupuk kebersamaan dan persaudaraan antar sesama warga Batak maupun warga Kotabaru umumnya.

Menurutnya, keberadaan dan kerukunan warga Batak Saijaan sampai saat ini telah banyak menunjukkan kiprahnya dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat.

“Sebagai mitra pemerintah, kerukunan harus dibina dan ditumbuh kembangkan, sehingga dalam perkembangannya, memberikan kontribusi pencapaian visi dan misi pembangunan kabupaten kotabaru,” demikian Sayed Jafar. (cah/ndi)

Rusmanadi

Read Previous

Hari Peduli Autis dan Down Syndrome Dimeriahkan Parade Dongeng

Read Next

RGP Kalsel Kawal TPS Untuk Antisipasi Kecurangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *