Baznas

Nenek Maymujah Trauma, Dinas Kesehatan: Itu Kembali Kepada Keluarganya Menangani

  • Bagikan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Selama mempunyai kartu jaminan kesehatan masyarakat, Poskesmas maupun rumah sakit tidak akan menelantarkan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, M Ikhwansyah, saat menanggapi penderita penyakit tumor payudara, yakni nenek Maymujah (57).

Nenek Maymujah diberitakan sebelumnya mengalami trauma disebabkan tumor payudaranya selalu mengeluarkan darah paska Biopsi. Sampai-sampai nenek Maymujah tidak ingin lagi kembali ke rumah sakit untuk melanjutkan pengobatan. Ia menganggap kembali ke rumah sakit hanya akan memperparah penyakitnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, M Ikhwansyah, angkat bicara soal trauma nenek Maymujah akibat penyakit yang dideritanya. Dia menjelaskan, siapapun yang terdaftar sebagai pemilik kartu jaminan kesehatan masyarakat tetap bisa melanjutkan pengobatan.

“Selama pasien memiliki kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) atau Penerima Bantuan Iuran (PBI), kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), serta jaminan kesehatan lainnya, masyarakat tetap bisa melanjutkan pengobatan,” ujarnya kepada koranbanjar.net, Rabu (28/3).

Ikhwansyah pun meyakinkan, bahwa pihak Poskesmas ataupun rumah sakit tidak akan menelantarkan pasien yang memiliki kartu jaminan kesehatan.

“Mulai dari Poskemas sampai rumah sakit, tidak bakalan mereka menelantarkan pasiennya,” jelasnya.
Apalagi, lanjutnya, pasien sudah terdata dan pernah dilayani. “Mengenai masalah trauma nenek Maymujah, itu kemabali kepada pihak keluarganya bagaimana dalam menangani hal tersebut. (zdn/dra/kie)

  • Bagikan