oleh

Nelayan Pulau Laut Sebuku Gelar Tradisi Pesta Laut

KOTABARU, koranbanjar.net – Para nelayan Kecamatan Pulau Laut Sebuku melaksanakan pesta laut yang ke 37 di Pulau Manti, Kabupaten Kotabaru.

Tradisi tahunan warga setempat itu dibuka Bupati Kotabaru Sayed Jafar, bersama Ketua TP PKK Kotabaru Fatma Idiana, Minggu (14/7/2019).

Sayed Jafar mengatakan tradisi pesta laut merupakan ritual syukuran atas hasil laut yang diperoleh para nelayan dengan pesan selalu menjaga ekosistem laut, termasuk terumbu karang. Karenanya, menurut Sayed, tradisi ini harus terus dapat dilestarikan serta dibudayakan.

“Saya berharap agar para nelayan selalu dapat menjaga terumbu karang, jangan sampai menggunakan peralatan tangkap seperti bom ikan dan lainnya,” katanya.

Pesta laut juga dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara, seperti lomba perahu hias, lomba balap kelotok (perahu bermesin), pameran kuliner khas dari delapan desa yang ada di Kecamatan Pulau Sebuku, pertunjukan tarian Japin Mutiara Legendaris dari Karang Taruna Cahaya Persada, serta teater berjudul Lahirnya Sinar Ekonomi Desa Rampa Melalui Pendidikan Madrasah. (cah/dny)

Komentar

Berita Terkini