oleh

Nadjmi Sangat Apresiasi Program Polres Banjarbaru Yaitu Police Go to School

BANJARBARU – Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani, sangat mengapresiasi gagasan terbaru dari Polisi Resor Banjarbaru yaitu Police Go to School. Dalam pembekalan Polisi Mengajar yang dilaksanakan di Aula Gawi Sabarataan, Kamis (15/2) kemarin, Nadjmi menyampaikan beberapa arahannya.

Nadjmi mengatakan dalam sambutannya, program ini adalah konsep revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah pusat yang kita menerjemahkannya di dalam kegiatan yang kongkrit.

“Makanya ulun sangat mengapresiasi dan mendorong agar program-program ini kita ikutkan kompetisi tingkat nasional. Ini merupakan hal yang besar dalam melakukan perubahan bagi bangsa kita,” ujarnya.

Nadjmi menambahkan usia dalam menanamkan attitude dan karakter itu adalah pada saat usia 2 sampai 14 tahun, setelah usia itu akan agak berat karena mereka telah memiliki atau membentuk kepribadiannya.

“Sesuai visi kita yaitu kota pelayanan yang berkarakter, berkarakter disini ulun definisikan sebagai akhlaqul karimah, nilai-nilai yang baik. Kita ingin membangun lima nilai. Pertama yaitu religius, kita ingin masyarakat kita memiliki nilai religius makanya kita adakan kegiatan keagamaan seperti gerakan sholat subuh berjamaah dan safari jum’at,” ujarnya lagi.

Kedua, lanjut Nadjmi nila attitude atau etika. Etika dan sopan santun tertanam didalam diri warga Banjarbaru dan menjadi masyarakat yang beradab. Nilai yang ketiga adalah cinta tanah airnya sendiri.

“Nilai yang keempat adalah cinta lingkungan, ini yang ingin kita tanamkan pada anak-anak didik kita. Bagaimana kita bisa menjaga Kota Banjarbaru ini kalau kita tidak bisa menjaga lingkungannya. Kemudian yang kelima adalah mandiri atau pintar berwirausaha atau bahasa banjarnya bisa bacari, tapi bukan dalam konotasi negatif. Oleh karena itu, kami memiliki program kelas inspirasi agar anak didik kita mampu melihat dunia dari sisi yang luas. Sehingga bisa melihat profesi apa yang bisa mereka pilih nanti saat mereka dewasa,”pungkasnya.

“Lima nilai itu tadilah yang masuk dalam kurikulum berkarakter yang kita bangun. Program Polisi mengajar atau Polisi Go to School ini adalah program yang kami tunggu-tunggu. Bagaimana keluhan anak-anak yang bermasalah tentang obat-obatan dan kenakalan lain, inilah kemudian menjadi gayung yang bersambut. Respon siswa sangat luar biasa dan respon guru sangat berterima kasih karena itu kami Pemerintah Kota Banjarbaru sangat mengapresiasi inovasi ini,”imbuhnya lagi.(ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: