Molor Lagi, Jalan Titian Pulau Bromo Dianggarkan pada APBD Perubahan 2022

Jalan titian kampung Pulau Bromo di Kelurahan Mantuil Banjarmasin. (Foto dari atas/ leon)
Jalan titian kampung Pulau Bromo di Kelurahan Mantuil Banjarmasin. (Foto dari atas/ leon)

Cukup molor, kurang lebih 5 tahun berlalu, perencanaan pembangunan jalan titian Kampung Pulau Bromo akan diusulkan pada APBD Perubahan tahun 2022.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Hal ini disampaikan Kepala Bidang Cipta Karya dan Jasa Kontruksi PUPR Kota Banjarmasin, Agus Suyatno kepada media ini, Senin (10/1/2021) di Banjarmasin.

“Itu perencanaan 2021 akan kita usulkan di perubahan 2022, karena perencanaan selesai di akhir 2021, jadi tidak sempat kami masukan di anggaran murni tahun 2022,” ungkapnya.

Melalui via selular, Agus menjelaskan, awalnya perencanaan pembangunan jalan titian jembatan kampung Pulau Bromo di Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin ditangani Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Banjarmasin beberapa tahun sebelumnya.

“Kemudian pada saat kita tunggu-tunggu, Dinas Perkim tidak ada aksinya. Lalu kita konfirmasi kesana, ternyata tidak lagi masuk kategori kumuh berat, sehingga Dinas Perkim tidak mau membangun,” terangnya.

Lalu sambungnya, tahun kemarin (diperkirakan 2019 atau 2021), permasalahan jalan titian kampung Pulau Btomo dimunculkan harus dikerjakan PUPR.

“Nah kalau PU yang mengerjakan kan perlu waktu perencanaan, perlu menghitung anggarannya dan anggaranya kan tetap dari pemerintah juga,” ujarnya.

“Yang jelas teknisnya kita rencanakan dulu, panjang dan luasnya berapa, kita hitung,” sambungnya.

Agus mengaku, tahun 2021 usulan untuk jalan titian di Kelurahan Mantuil sangat banyak, termasuk usuluan dari hasil Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Kota Banjarmasin.

“Kami tidak pernah menomor dua kan mantuil, pokoknya kalau sifatnya urgen pasti segera kami tindaklanjuti dan kerjakan,” klaimnya ketika ditanya tanggapannya soal insfrastruktur khususnya titian dan jembatan di Mantuil dinilai dianaktirikan.

Dia menambahkan, justru di tahun 2021, kegiatan Cipta Karya di Kelurahan Mantuil sangat banyak.

“Khususnya bidang titian dan sanitasi, tetapi kalau bidang lain, kita kurang tahu karena bukan bidang kita,” pungkasnya.

Adapun jalan titian di Kelurahan Mantuil yang diusulkan pada APBD Perubahan tahun 2022 adalah sebagai berikut, Jalan Jamaah Kuin Kecil RT 15 (segmen 1 dan 2) atas usulan DPRD,  Jalan Simpang Jelai RT 20 dan RT 27, usulan DPRD.

Lanjut, Jalan Ujung Benteng RT 07 (segmen 1 dan 2), usulan Musrembang. Jalan Ujujg Benteng RT 06, arah hilir sungai, dan hulu sungai, usulan Musrembang.

Jalan Tanjung Pandan RT 6, dan Jalan Tanjung Baru RT 4, keduanya usulan Musrembang.(yon/sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.