Miliki Peluang Pulihkan Ekonomi Warga Balangan, Anggota Dewan Minta Pemerintah Bantu Petani Porang

Tanaman porang begitu diminati warga Balangan. (Sumber Foto: ist/koranbanjar.net)

Tanaman porang saat ini mulai dikembangkan oleh masyarakat Balangan, yang berpotensi pulihkan ekonomi setempat. Apalagi, banyak masyarakat  membuka lahannya untuk ditanami porang yang dinilai harga jualnya cukup tinggi.

BALANGAN,koranbanjar.net – Dengan banyaknya warga yang mengembangkan perkebunan porang ini, mendapat apresiasi dari dewan politisi muda anggota DPRD Balangan Muhammad Rusdin Barhiwan, menilai usaha perkebunan ini harus didukung oleh pemerintah.

“Saya beberapa waktu lalu berkesempatan meninjau fase pengolahan lahan disalah satu desa pada lahan hampir seluas satu hektare, yang nantinya akan dibudidayakan tanaman Porang oleh kelompok tani masyarakat. Dan ini merupakan aspirasi kami pada APBD-P TA 2021,” beber Rusdin, Rabu, (15/09/2021)

Hal itu menurut, Sekretaris PAN Balangan ini, merupakan pengembangan dan kemajuan sektor pertanian merupakan salah satu yang menjadi fokus pihaknya di Komisi II, yang bermitra kerja dengan Dinas Pertanian.

Selain di sektor kegiatan kepemudaan, olahraga, pariwisata dan lainnya yang menjadi bagian tupoksi leading sektor pihaknya di Komisi II.

“Ke depan kami berharap Dinas Pertanian melalui bagian yang membidanginya bisa melakukan pendampingan dan pembinaan mulai dari budidaya tanaman porang, pelatihan pra serta pascapanen,” katanya.

Agar budidaya porang yang dihasilkan oleh petani porang Balangan tetap terjaga memiliki standar kualitas mutu ekspor ke luar negeri.

Selain itu, ia juga berharap pencapaian hasil dari budidaya porang petani dapat menjadi pendorong kuat pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di Balangan, terlebih saat masa pandemi yang sedang berlangsung ini.

Sehingga Balangan terus dapat ambil bagian dalam meningkatan ekspor dibidang pertanian Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Bupati Balangan, H Abdul Hadi sudah berkomitmen untuk mendorong agar porang diminati oleh para petani.

Upaya tersebut dilakukan dengam cara menggandeng Bank Kalsel, dalam hal memberikan permodalan.

“Bank Kalsel agar memberikan kemudahan dalam hal proses peminjaman modal bagi petani pemula,” ucap Bupati Abdul Hadi

Selain itu langkah lainnya guna mendorong budidaya porang di Kabupaten Balangan, Abdul Hadi mengaku telah mengintruksikan Dinas Pertanian untuk menyediakan bibit gratis.

“Penyediaan bibit gratis untuk petani pemula, nanti kalau sudah tanam berikutnya mereka sudah punya bibit sendiri. Kami juga memberikan edukasi tentang bagaimana menanam porang yang baik dan benar,” ucapnya. (mj-42/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.