Miliki 8 Unit TPS 3R, DLH Tabalong Layani Pengelolaan Sampah kepada Ribuan KK

Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice. (foto : arif)
Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice. (foto : arif)

Sampai tahun 2021 ini Kabupaten Tabalong telah memiliki delapan unit TPS 3R yang tersebar di empat Kecamatan yakni, Tanjung, Murung Pudak, Tanta dan Kelua.

TABALONG, koranbanjar.net – Delapan unit TPS 3R itu mampu memberikan layanan pengelolaan sampah terhadap 2.356 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice menyebutkan, program TPS 3R di Kabupaten Tabalong berjalan sejak 2013.

Di mana saat itu hanya dibangun satu unit TPS 3R di Kelurahan Pembataan yang dikelola KSM Pelita.

“Hingga tahun 2017 Kabupaten Tabalong hanya memiliki satu unit TPS 3R,” ujarnya, Senin (27/12/2021), saat acara serah terima sarana TPS 3R, Apresiasi Adiwiyata Nasional serta Penilaian Kinerja TPS 3R dan Bank Sampah tahun 2021 di Pendopo Bersinar, Pembataan, Tabalong.

Kemudian pada 2018 dibangun kembali dua unit TPS 3R yaitu, TPS 3R Maju Bersama Desa Maburai dan TPS 3R Tanjung Selatan Bersinar Kelurahan Mabuun.

Tak hanya itu, di tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian PUPR sebanyak dua unit TPS 3R yakni, TPS 3R Nawuraha di Desa Warukin dan TPS 3R Menanti Padang Panjang di Desa Padang Panjang.

“Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah di tahun 2020, Pemerintah Daerah melalukan Replikasi TPS 3R dengan dana APBD yaitu membangun satu unit TPS 3R Pendopo Bersinar di Kelurahan Pembataan,” jelas Rowi.

Selanjutnya, Kementerian PUPR kembali memberikan kepercayaan bantuan 2 (dua) unit TPS 3R kepada Pemkab Tabalong dengan dibangunnya TPS 3R Bina Lestari di Desa Garunggung, Kecamatan Tanjung dan TPS 3R Buluh Berjaya, Kecamatan Kelua.

“TPS 3R ini telah beroperasi memberikan layanan pengelolaan sampah mulai Nopember 2021,” bebernya.

Lebih jauh Rowi mengatakan, untuk proses pembangunan TPS 3R beserta sarana penunjang oleh masyarakat dengan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

“Dukungan biaya operasional dan pemeliharaan TPS 3R dari Pemerintah Daerah melalui APBD,” terangnya.(mj-42/sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *