oleh

Milad Ponpes Darul Ulum, Andin “Dikelilingi” para Guru Darussalam

MARTAPURA, koranbanjar.net – Tepat dengan Milad ke 2 Pondok Pesantren Darul Ulum di bawah asuhan Guru Muda, KH Muhammad Syarief Busthomi atau lebih akrab dikenal Guru Oton, di Jl Pangeran Hidayatullah Martapura, Sabtu (14/09/2019) mulai pukul 11.00 wita, tanpa sengaja DR. Andin Sofyanoor, SH.MH yang turut diundang dalam kegiatan tersebut, telah dikelilingi para guru Ponpes Darussalam Martapura.

Pasalnya, Guru Oton masih tercatat sebagai salah satu guru atau pendidik yang mengajar di Ponpes Darussalam Martapura, sehingga para undangan yang berhadir pun sebagian besar justru para guru Ponpes Darussalam Martapura.

Adapun para guru Popes Darussalam yang tampak berhadir, antara lain, Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura, KH Hasanuddin (putra almarhum KH Badaruddin), KH. Noval (putra almarhum KH. Muhammad Rosyad), KH. Tarhib (putra almarhum KH. Syukur), serta puluhan guru Ponpes Darussalam Martapura lainnya.

Andin bersama Guru Oton.
Andin bersama Guru Oton.

Acara syukuran midal ke 2 Ponpes Darul Ulum Martapura diawali dengan pembacaan surah Yasin, disusul dengan pembacaan sholawat Kamilah, pembacaan hapalan matan — diambil dari bahasa Arab, yang berarti sabda nabi yang disebut setelah sanad, atau penghubung sanad, atau materi hadits, red–, oleh para santri Ponpes Darul Ulum secara bergiliran. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin KH Hasanuddin.

Kehadiran Andin Sofyannor dalam acara syukuran tersebut sepertinya cukup menjadi perhatian para guru Ponpes Darussalam Martapura maupun para santri Ponpes Darul Ulum. Hal itu terlihat ketika acara berakhir, Andin telah diajak berbincang-bincang ringan dengan KH. Hasanuddin, KH Noval, Guru Oton, KH Tarhib dan sejumlah alim ulama lainnya.

Tak hanya itu, Andin juga diajak berfoto bersama oleh para guru Ponpes Darussalam Martapura serta para santri Ponpes Darul Ulum Martapura. Hal tersebut memberikan kesan yang sangat luar biasa bagi Andin Sofyanoor.

Andin di tengah kerumunan santri Ponpes Darul Ulum.
Andin di tengah kerumunan santri Ponpes Darul Ulum.

“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih telah diundang Guru Oton dalam acara syukuran ini. Ini merupakan kehormatan yang sangat luar biasa. Karena yang hadir tadi bukan main-main, banyak para tokoh ulama yang menjadi panutan saya. Beliau ada Guru Hasanuddin, ada Guru Noval, ada Guru Tarhib, dan Guru Oton sendiri sebagai ahli bait. Bahkan banyak pula guru-guru Darussalam lainnya serta para santri Ponpes Darul Ulum. Mereka adalah orang-orang yang sholeh, orang-orang yang menjadi teladan saya dan masyarakat di Kabupaten Banjar. Ini berkah yang sangat luar biasa,” ungkap Andin tiada henti-hentinya mengucapkan rasa syukur.

Andin juga mengutarakan rasa takjubnya kepada adab dan akhlak anak-anak santri Pospes Darul Ulum. Karena di usia yang relatif masih sangat belia, sebagian besar dari mereka sudah hapal hadits-hadits Nabi. “Mereka adalah aset yang sangat berharga bagi Kabupaten Banjar,” ucap dia.

Sementara itu, Guru Oton dalam sambutan penutupnya, memohon doa kepada seluruh undangan, terutama para alim ulama yang sebagian besar adalah para guru Ponpes Darussalam Martapura, agar santri-santrinya dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa, serta menjadi penerus para alim ulama di Martapura.(dya)

Komentar

Jangan Lewatkan