Meski Ada Beberapa Kelompok WBP Rentan, Rutan Kelas IIB Barabai Masih Aman dari Terjangan Banjir

Petugas gabungan laksanakan rajia terhadap WBP di Rutan Kelas IIB Barabai. (Foto : M.Ramli/koranbanjar.net)

Banjir yang melanda sebagai wilayah Barabai akibat luaran air sungai disertai hujan deras, menyebabkan ribuan rumah disana terdampak, termasuk sejumlah fasiltas umum lainya. Untuk mengantisipasi dampak banjir Rutan Kelas IIB Barabai menyediakan evakuasi bagi kelompok rentan yaitu wanita dan lansia, dengan kapasitas 140 orang.

HULU SUNGAI TENGAH, koranbanjar.net – Area lokasi tempat yang akan dijadikan wadah untuk mengantisipasi terjangan banjir terdapat di lantai II, perkantoran Rutan Barabai jika kondisi banjir semakin memburuk.

Namun dari hasil pengamatan, banjir di lokasi tersebut masih aman, dan tidak terdampak terhadap sel atau ruangan para WBP disana.

Selain itu di tengah kondisi banjir di Rutan Kelas IIB Barabai terebut tetap menggelar penggeledahan pada blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), pada Jum’at (17/3/2023) malam.

Razia gabungan turut menyertakan Personel Polres Hulu Sungai Tengah, dan Kodim 1002/HST dengan menyasar blok A, B dan C.

Dari hasil penggeledahan tidak ditemukan barang terlarang seperti narkoba dan handphone, namun petugas mengamankan sejumlah barang yang dapat memicu gangguan keamanan seperti korek api, sendok besi, bilah kayu, dan batu.

Karutan Barabai menyampaikan, giat ini merupakan bagian dari deteksi dini gangguan keamanan dan sinergitas antar penegak hukum dalam upaya cipta kondisi dalam rangka HBP ke 59.

“Penggeledahan ini sudah rutin kita laksanakan namun kali ini kami sertakan pula rekan dari Polres dan Kodim dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59, selain itu agar para rekan APH bisa memantau langsung kondisi para Narapidana sehingga jika ada kondisi mendesak maka kami lebih cepat untuk saling berkoordinasi,” jelas Gusti.

Selain itu terkait kondisi banjir saat ini Gusti menyampaikan masih dalam kondisi aman karena belum mencapai tempat istirahat WBP, namun pihaknya tetap mempersiapkan tempat evakuasi.

Di tempat terpisah Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali berpesan kepada seluruh petugas Rutan Barabai untuk selalu waspada dan terus melaporkan perkembangan kondisi banjir yang tengah melanda.

Selain itu dirinya juga turut mendoakan agar Rutan Barabai selalu dalam kondisi aman dan banjir bisa segera surut.

(mdr/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *