Menyongsong IKN Baru, Tanbu Akan Bangun Pabrik Minyak Goreng dan Kecap

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar saat wawancara dengan awak media press room DPRD Kalsel.(koranbanjar.net)
Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar saat wawancara dengan awak media press room DPRD Kalsel.(koranbanjar.net)

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu akan segera membangun pabrik minyak goreng dan kecap.

TANBU, koranbanjar.net – Hal tersebut ia sampaikan Bupati Tanah Bumbu, dr H Zairullah Azhar menyusul pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim),  Sabtu(26/3/2022).

“Di Tanbu akan dibangun sejumlah industri antara lain pabrik minyak goreng dan kecap. Dan yang sudah ada saat ini pabrik Biodiesel,” ujar Bupati dua periode ini.

Lanjutnya, sebagai provinsi tetangga dari IKN, Ketua DPW PKB Kalsel ini mengharapkan agar pemerintah pusat membangunkan Balai Latihan Kerja (BLK) skala besar.

“Karena sejumlah industri tersebut memerlukan kurang lebih 110.000 tenaga kerja,” katanya.

Selaku kepala daerah, dirinya sangat berterima kasih kepada H Isam, pengusaha nasional yang mau membangun industri pengolahan barang jadi tersebut.

Ditambahkan, upaya lain sebagai penyangga ketahanan pangan IKN, selain melakukan usaha pertanian biasa, juga akan mengembangkan varietas padi/beras hitam.

Dijelaskan, padi/beras hitam bertumbuh kembang di daerah pegunungan itu sangat cocok untuk kesehatan seperti bagi penderita gula darah (diabetes).

“Masih banyak usaha lain dalam upaya penyangga ketahanan pangan IKN baru nanti seperti halnya penyelesaian Bendungan Kusan,” tambahnya.

Bendungan Kusan ini sambungnya, selain mampu mengairi persawahan lebih 100.000 hektare, juga bisa sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) serta  mampu memproduksi energi listrik 100 megawatt (MW) lebih.

”Hasil power plant atau dari PLTA itu nanti dapat kita jual buat memenuhi kebutuhan energi listrik IKN,” jelasnya.(yon/sir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *