oleh

Menteri LHK Memulai Pembangunan Plaza Jokowi Di Geopark Mandiangin

KARANGINTAN,korbanbanjar.net – Kenangan tiga pohon bersejarah ditanam oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) dan istri Iriana serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Akbar di samping eks kolam Belanda kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam akan semakin cantik pesonanya dengan kehadiran Plaza Jokowi di tempat Geopark Mandiangin itu. Plaza Jokowi dengan background atau latar tiga pohon tadi terdiri Gaharu, Nangka dan Durian di kawasan hutan lindung Mandiangan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar ini bakal menjadi daya tarik destinasi obyek wisata baru.

Peresmian pembangunan Plaza Jokowi ditandai peletakan batu pertama dan penanda tanganan prasasti oleh Menteri LHK RI Siti Nurbaya Akbar, Selasa (30/7/2019) pagi sekitar pukul 09.00 Wita. Kehadiran Siti Nurbaya didampingi para pejabat Kementerian LHK, Sekda Kalsel H Haris Makkie  dan Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Ir Hanif Faisol Nurofiq beserta jajaran dan Kepala BP Tahura Sultan Adam Rahmad Riansyah SHut.

Pembangunan Plaza Jokowi, sebut Siti Nurbaya Akbar, bisa jadi pengingat pemanfaatan hutan supaya lestari. “Bagian penting adalah pusat ekonomi daerah dan kawasan hutan tidak boleh tertutup bagi masyarakat dengan kedepankan masyarakat,” katanya.

Pejabat kelahiran Jakarta 28 Juli 1956 ini, mengatakan, Tahura sudah menghasilkan uang berkali-kali lipat. “Itu karena diberikan injeksi seperti jalan dan shelter. Hutan menjadi sumber media sejuk, fungsi informasi dan  healing atau penyembuhan. Di dunia Internasional malah dikenal istilah menjadikan rekreasi mandi hutan, yaitu lakukan kesibukan dengan masuk ke hutan. Tahura telah dieksploitir baik oleh Pemprov Kalsel melalui Dinas Kehutanan Kalsel.

Wanita karir mantan Sekjen Depdagri dan Sekjen DPD RI itu mengutarakan, Plaza Jokowi yang telah dibangun hendaknya dijaga sebaik-baiknya, jangan sampai hutannya rusak. “Tahura Sultan Adam bisa menjadi tempat pelaksanaan even internasional sebagai even tahunan. Contoh, dilakukan di Bromo dan Semeru. “Tinggal pilih even apa yang pas, banyak potensi bisa digali,” tandas Siti Nurbaya Akbar yang juga pengurus pusat Partai Nasdem. (dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: