Baznas

Menpan dan Asrena Kapolri Evaluasi Kinerja Polda Kalsel

  • Bagikan

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Menteri Pendayagunaan (Menpan) Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (RB), Asman Abnur beserta rombongan dan Asisten Perencana (Asrena) Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, melakukan kunjungan ke Mapolda Kalimantan Selatan, Senin (23/4/2018).

Kunjungan Menpan RB bersama rombongan dan Asrena Kapolri ke Mapolda Kalsel yang disambut Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana, Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri, Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Djoko Poerbo Hadijojo, beserta seluruh Pejabat Utama Polda Kalsel itu dalam rangka evaluasi kinerja Kapolda Kalsel beserta jajarannya.

Disampaikan Menpan RB Asman Abnur kepada para awak media, selama 6 bulan pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap 4 Polda di Indonesia diantaranya, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Jambi, dan Polda NTB.

Dikatakan Asman Abnur, evaluasi yang dilakukan pihaknya yakni, evaluasi kinerja, pelayanan publik dan inovasi-inovasi. “Hal itu dapat berpengaruh terhadap tipologi Polda itu sendiri,” ujarnya.

Asman Abnur menjelaskan, saat ini tipologi Polda Kalsel masih bertipe B yang masih dipimpin oleh Kapolda Bintang Satu atau Kapolda berpangkat Brigadir Jenderal Polisi, “Nanti bila naik ke tipe A, maka akan menjadi Kapolda bintang dua berpangkat Inspektur Jenderal Polisi,” jelasnya.

Namun, menurut Asman, bukan itu kriteria yang menjadi sasaran dalam kenaikan tipe, melainkan hal-hal yang terkait dengan beban kerja, kemampuan Polda dalam menyelesaikan beban kerja, serta dinovasi-inovasi dan pelayanan publik yang menjadi penilaian dari Menpan RB Asman Abnur.

Sedangkan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana menyatakan, upaya Polda Kalsel dalam memenuhi kriteria agar naik ke tipe A sudah dilakukan. “Sudah banyak yang telah kita lakukan seperti inovasi. Mudah-mudahan ini merupakan suatu kriteria penilaian yang dipersyaratkan oleh Menpan RB,” pungkasnya. (leo/dny)

  • Bagikan