oleh

Meningkatkan Pelayanan Air Minum, PDAM Bandarmasih Dan Intan Banjar Harus Tengok PDAM Surabaya

SURABAYA, koranbanjar.net – Dalam rangka mendorong peningkatan pengelolaan dan pelayanan air minum kepada masyarakat, Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengajak jajaran direksi PDAM Bandarmasih dan PDAM Intan Banjar untuk mendatangi dan melihat dari dekat kinerja PDAM Surya Sembada Surabaya.

Pertemuan yang sedianya dilakukan di Kantor PDAM Surya Sembada dialihkan ke Balai Kota Surabaya, karena besarnya sambutan dari Pemerintah Kota Surabaya terhadap kunjungan kerja para wakil rakyat Kalimantan Selatan tersebut.

Ketua Komisi II, Imam Suprastowo menerangkan pengelolaan dan pelayanan PDAM Surya Sembada mempunyai cakupan layanan cukup luas. Mulai dari ketersediaan air baku sampai pada pengolahan air layak diminum langsung dari kran.

“Jadi bukan hanya sekedar PDAM biasa yang selama ini dikonotasikan masyarakat sebagai perusahaan daerah air ‘mandi’. Tetapi di Surabaya sudah bisa sampai kepada pengolahan air layak minum,” kata Komisi Bidang Ekonomi dan Keuangan ini.

Harganya juga terendah se Indonesia hanya Rp. 600/meter kubik untuk masyarakat kecil. Dan harga rata-rata hanya sebesar Rp.2700/meter kubik untuk menengah keatas. Berbeda di Kalimantan Selatan yang harga terendahnya sudah mencapai Rp.2000 per kubiknya.

Politisi dari partai moncong putih ini melihat bahwa pelayanan PDAM Surya Sembada ini sudah sangat bagus.

Bahkan menurut Politisi Partai PDIP Kalsel ini, PDAM di Surabaya mampu memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Derah Surabaya melalui pembagian deviden yang mencapai 132 Milyar di tahun 2019 dengan target 137 Milyar di tahun 2020.

“Inilah yang betul-betul kita harapkan bisa dicontoh oleh perusahaan-perusahaan daerah lainnya di Kalimantan Selatan, khususnya PDAM Bandarmasih dan PDAM Intan Banjar,” pungkasnya.(yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: