Lifestyle

Menikmati Sensasi Warung di Puncak Gunung Peniti Ranggang, Ini yang Dirasakan Pendaki

BARABAI, KORANBANJAR.NET – Berjualan di tempat yang jauh dari pusat keramaian memang menjadi sebuah keunikan. Terlebih berjualan atau buka warung di puncak pos peristirahatan Gunung Peniti Ranggang, Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Di sana terdapat sebuah warung yang sejak beberapa bulan lalu buka dan menyediakan makanan dan minuman untuk pendaki, baik menuju Puncak Halau-halau maupun Desa Juhu.

Puncak Halau-halau, kebanyakan menyebutnya Gunung Besar merupakan tujuan favorit bagi pendaki di Kalimantan Selatan, apalagi bagi yang berjiwa menyukai tantangan alam, bahkan setiap bulan sampai tiap minggu selalu ada saja yang melakukan pendakian ke puncak.

Berdasarkan data, lokasi ini memiliki titik tertinggi 1.901 MDPL. Melihat kondisi itulah salah seorang warga yang berasal dari Kampung Batu Kembar, Desa Hinas Kiri, Batang Alai Timur, Kabupaten HST untuk membuat warung di tengah jalur pendakian.

Beberapa pendaki yang sudah pengalaman mungkin sedikit tidak menghiraukan adanya warung di atas pegunungan atau di tengah hutan, tetapi bagi yang tenaga dan kebutuhan logistiknya terbatas sangat memerlukan dan terbantu dengan adanya warung milik keluarga Ma Wanda ini.

Setelah melakukan pendakian dari Kampung Kiyu menuju Pos Tiranggang yang cukup menguras tenaga, biasanya sebagian malas untuk memasak makanan, sehingga pendaki yang sudah kelelahan dan ingin beristirahat banyak bisa langsung memesan makanan dan minuman di warung ini.

Salah seorang pendaki, Ihwan kepada wartaan Koranbanjar.net mengatakan, bahwa pendaki sangat terbantu dengan adanya warung ini. “Karena saat mendaki siapa tahu kehabisan bahan makanan dan peralatan memasak, supaya bisa langsung menikmati makanan apalagi dengan harga yang cukup terjangkau,” jelasnya.

Ia menambahkan warung ini adalah warung terunik dan keren karena lokasinya berada di ketinggian. “Bahkan bisa jadi kalau ada yang mencatatkan rekor sebagai warung terunik atau tertinggi di Kalsel”, ungkapnya. (mj-025/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close