oleh

Mengurangi Beban Rumah Sakit Daerah, DPRD Kalsel Wacanakan Pembangunan RSPP

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Demi mengurangi beban rumah sakit daerah dan menimbang banyaknya pasien rujukan dari provinsi tetangga, DPRD Kalsel berencana akan membangun Rumah Sakit Pemerintah Pusat (RSPP) di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Untuk itu, Komisi IV yang membidangi kesehatan mengadakan pertemuan guna membahasnya, di gedung Wakil Rakyat Provinsi Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, dua hari yang lalu.

“Hari kita membahas rencana pembangun RSPP ini,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Lutfi Saifuddin, kepada wartawan siang itu.

Dalam pertemuan ini, Komisi IV meminta agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi dapat memulai menyusun kajian dan telaahan terkait pembangunan RSPP ini.

Masih menurut Lutfi, dewan mengusulkan agar pembangunan rumah sakit ini tidak di Kota Banjarmasin karena terlalu padat. Tetapi berlokasi di Kota Banjarbaru yang berdekatan dengan kawasan perkantoran di Banjarbaru.

Usulan ini juga sudah dilakukan audiensi dengan Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan, dan wakil rakyat di pusat menyetujui dibangunnya RSPP di Kalsel. Namun meminta terlebih dahulu dilakukan kajian mendalam dengan melakukan kordinasi bersama pihak terkait.

Adanya RSPP di Kalsel imbuh legislator dua periode ini, dapat menangani pasien rujukan dengan biaya APBN. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi meminta rujukan untuk ke pusat atau di luar Kalsel, namun cukup di daerah.

Kemudian, keberadaanya nanti akan berdampak pada penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tentunya dapat menambah lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat di Kalsel, sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, M Muslim, ketika ditanya perihal ini, mengatakan RSPP baru sebatas wacana, namun diapun sangat mendukung.

“Kita mendukung, tapi masih harus dikoordinasi bersama pihak terkait, sekaligus harus melihat dan membuat konsep detilnya,” jelas Muslim.(yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: