oleh

Mengungkap Jejak Rekam AR Iwansyah; Ternyata Putra Bungsu Tokoh Golkar Kalsel

BANJARBARU, koranbanjar.net – Nama AR Iwansyah memang tidak asing bagi kalangan politisi di Kota Banjarbaru maupun kalangan anggota DPRD Kota Banjarbaru. Terlebih bagi pengurus, kader, konstituen maupun simpatisan Partai Golkar.

Selain masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjarbaru, AR Iwansyah juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kota Banjarbaru. Namun tidak semua orang mengenal siapa sebenarnya AR Iwansyah pada waktu sebelumnya dan dari lingkungan keluarga siapa sebenarnya politisi partai berlambang pohon beringin ini.

Menjawab pertanyaan itu, koranbanjar.net melakukan wawancara secara eksklusif dengan AR. Iwansyah, Rabu pagi tadi (03/07/2019).

Sosok AR Iwansyah tidak hanya familiar di kalangan politisi atau para pejabat, tetapi dia jua sangat familiar dengan kalangan pers, khususnya di Kota Banjarbaru. Terlebih bagi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, bahkan sejumlah organisasi olahraga maupun lainnya.

Pasalnya, kapasitas sebagai Ketua DPRD Banjarbaru, membuat AR Iwansyah lebih banyak berhubungan dengan kepentingan masyarakat kalangan bawah dan menengah. Mengingat keberadaan anggota dewan sudah tentu menjadi jembatan yang sangat efektif dalam memperjuangkan kepentingan publik terhadap lembaga eksekutif.

Bagi para tokoh politik di era dulu, keluarga besar AR Iwansyah bukanlah dikenal sebagai politisi karbitan yang tiba-tiba muncul sebagai para tokoh. Tetapi memang keluarga besar AR Iwansyah betul-betul merintis dunia politik dari langkah kecil hingga menjadi para politisi yang diakui oleh para tokoh politik di Kalimantan Selatan.

Sebut saja tokoh politik almarhum HM Ismail Abdullah. Tokoh politik ini memulai karier dari seorang guru, kemudian bergabung dalam Wajib Militer (Wamil).  Setelah meniti karier pada TNI hingga berpangkat Kolonel, tokoh ini dikaryakan dan terjun ke dunia politik melalui Partai Golongan Karya menjadi anggota DPRD Kota Banjarmasin di tahun 1971. Pasangan HM Ismail Abdullah dan Hj Masnun merupakan warga asli Kota Banjarmasin yang tidak lain orangtua kandung AR Iwansyah.

Di tahun 1975, melalui DPD Golkar Banjarmasin, HM Isamil Abdullah yang tadinya tercatat hanya sebagai anggota DPRD Kota Banjarmasin telah terpilih menjadi Ketua DPRD Kota Banjarmasin.

“Saya ini memang memiliki gen sebagai Ketua DPRD, itu dimulai almarhum bapak. Jadi saya memang berasal dari keluarga orang-orang politik. Tetapi kami memulai karier politik memang dari posisi yang paling rendah. Sebagai contoh, tahun 1983 sampai dengan 1993, almarhum bapak itu sudah menduduki jabatan sebagai Ketua DPW Partai Golkar Provinsi Kalsel. Kemudian, saya bergabung dalam pengurus Partai Golkar dengan posisi sebagai anggota Karo. Kalau dalam istilah organisasi partai itu, posisi Karo itu di bawah Kasi. Sedangkan saya hanya anggota Karo. Padahal almarhum bapak menjabat Ketua DPW Partai Golkar Kalsel. Tetapi mulai dari situlah saya belajar berpolitik,” bebernya.(bersambung/sir) 

Baca juga:

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: