Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Menghadapi COVID-19, Pemkab Tabalong Tempuh Langkah Ini  

  • Bagikan
HM. Noor Rifani Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong
HM. Noor Rifani Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong

Pandemi Covid-19 yang merebak di Kabupaten Tabalong sangat berdampak pada semua sektor kehidupan, terlebih sektor kesehatan dan ekonomi.

TABALONG, koranbanjar.net – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong, HM. Noor Rifani mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah melakukan beberapa langkah dalam menggerakkan sektor utama di bidang kesehatan.

“Prioritas saat ini kita masih mengutamakan sektor kesehatan. Jadi anggaran akan kita arahkan untuk penanganan pandemi Covid-19, di samping itu Pemerintah Tabalong tetap memperhatikan sektor ekonomi,” ungkapnya di Hotel Aston pada Selasa (8/6/2021) siang.

Noor Rifani mengatakan, selain sektor kesehatan, Pemerintah Tabalong juga memperhatikan sektor ekonomi, salah satunya dengan membina (UMKM) Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Pembinaan UMKM tersebut selain dari sisi pemodalan, juga dilakukan beberapa pelatihan, di antaranya dengan pelatihan secara online melalui zoom meeting,” ucapnya.

Kemudian bagaimana cara menjual secara online, dan bagaimana menjual produk agar diminati masyarakat meskipun si penjual hanya berdiam di rumah, “hal ini akan terus kita lakukan, sehingga harapan kami ekonomi masyarakat kecil dapat terus berkembang dan bergerak,” imbuhnya.

Selain itu, sektor yang berkaitan dengan beberapa kegiatan konstruksi akan kita prioritaskan juga dikarenakan ini  merupakan salah satu penggerak sektor ekonomi,” ungkapnya.

Noor Rifani menambahkan, di sisi lain untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat pihaknya juga memprioritaskan sektor pertanian. Agar para petani dapat beraktivitas dengan lancar dan kebutuhan pokok masyarakat di Tabalong bisa terpenuhi, Di samping bantuan untuk perkebunan, antara lain dengan peremajaan untuk bibit pohon karet dan alat-alat pertanian.

Itulah beberapa langkah Pemerintah Tabalong untuk mengupayakan masyarakat terus berproduksi, sehingga harapan Pemerintah pasokan pangan tetap stabil dan harga dapat terjaga. “Jadi tiga hal tersebut yang menjadi prioritas kami dengan tetap mengacu kepada visi dan misi Bupati Tabalong,” pungkasnya.(mj-38/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *