Berita UtamaFeatures

Mengenal Lebih Dekat Selebgram Asal Kandangan, Rea Khico

Dari Menjadi Selebgram, Endorser, hingga Mendapat Jodoh di Instagram

MUHAMMAD HIDAYAT, KandanganHulu Sungai Selatan

PENGGUNA Instagram mana, khususnya di Kalsel yang tak kenal dengan Rea Kicho? Ya, dia adalah Rea Lestari, selebgram asal Desa Karang Jawa, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pemilik akun Instagram Rea Khico.

Rea yang terkenal dengan postingan foto-foto dirinya dengan latar belakang pegunungan dan berbagai pemandangan alam lainnya pada objek-objek wisata populer di Kalsel itu saat ini sudah memiliki 39 ribu pengikut dengan 1093 postingan di Instagram pribadinya.

Hal itulah yang telah membuat banyak para pemilik online shop tertarik membayar jasanya untuk mempromosikan produk-produk mereka melaui Instagram Rea Khico.

Wanita yang memang hobi berpetualang di alam bebas ini mengisahkan kepada koranbanjar.net, awalnya ia hanya memposting sejumlah foto-fotonya di beberapa tempat wisata dalam Instagramnya, namun lama kelamaan pengikutnya menjadi semakin banyak, hingga ada seorang pemilik online shop yang memintanya untuk mempromosikan produk dari online shop tersebut.

“Pemilik online shop ini pada waktu itu nge-DM (direct message atau pesan langsung melalui Instagram, red) saya dan menanyakan apakah saya sudah pernah diminta untuk mengendorse sebuah produk. Saya jawab belum. Lalu katanya ia tertarik ingin bekerja sama dengan saya untuk mempromosikan produknya di Instagram saya. Tapi waktu itu saya tidak dibayar, imbalan saya hanya mendapatkan produk baju dari online shop itu,” cerita perempuan 24 tahun ini.

Sejak pertama kali mempromosikan produk online shop itu, pemilik-pemilik online shop lainnya kemudian tertarik memintanya untuk merekomendasikan produk-produk online shop di Instagram Rea.

Hal itulah yang kemudian memantapkan pilihannya untuk terjun sepenuhnya menjadi endorser (orang yang mengendorse, red) di Instagram hingga sekarang, dengan kisaran bayaran rata-rata Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per barang.

“Jumlahnya tidak menentu setiap bulan, bisa banyak dan kadang juga sedikit. Namun rata-rata ada sekitar delapan orang per bulan yang menawarkan kerja sama, yang kebanyakannya memang dari online shop, tapi kadang ada ada juga dari make up artis yang mencoba menawarkan kerja sama,” tutur ibu satu anak ini.

Rea Lestari bersama suaminya, Fani, dan anaknya. Setelah berkeluarga, Rea kini lebih banyak terlihat tampil dengan gaya keibuan. (Foto: Instagram Rea Khico)

Sedangkan bentuk kerja samanya, Rea membeberkan, tergantung kesepakatan. Dari dengan cara paid promote hingga minta buatkan video promosi, telah biasa ia terima.

“Feenya pun bervariasi dan tergantung kesepakatan juga,” bebernya.

Mengenai komentar dari orang lain terhadap dirinya sebagai selebgram, anggota My Trip My Adventure (MTMA) Kandangan ini mengakui, bahwa dirinya pun biasa mendapat komentar negatif dari para pengguna Instargam lainnya.

“Alhamdulillah, dijalani saja prosesnya menjadi selebgram ini, kan tidak ada ruginya, malah banyak teman dan banyak untungnya. Kalau ada yang memberi komentar negatif, biasanya saya cueki saja,” akunya.

Aktivitas Rea di dunia Instagram yang sangat intens itu, tanpa disangka pada akhirnya justru malah membuatnya dekat dengan seroang fotografer asal Kota Rantau, Fani, yang kini telah menjadi suami tercintanya.

“Jadi saya ketemu suami saya ini awalnya itu dari Instagram juga, kenalan di Instagram, lalu pacaran, dan akhirnya menikah, hingga sekarang punya anak. Sampai saat ini suami sayalah yang sering memfoto-foto saya,” ungkap pendaki gunung yang juga tergabung dalam Komunitas Pendaki Kalimantan (KPK) itu. Bagaimana dengan anda, tertarik juga untuk menjadi selebgram seperti Rea Lestari? (mj-025/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close