Baznas

Menengok Potensi Ikan Lokal di Desa Jirak

  • Bagikan
Kepala Dinas Perikanan Tabalong H Mugeni meninjau lokasi potensial di Desa Jirak. (Foto: Pasido/koranbanjar.net)

Menengok potensi ikan lokal di Desa Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong, masih alami dan kaya akan bermacam jenis ikan.

TABALONG,koranbanjar.net – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong Ir HM Mugeni MM terdorong memberikan pengarahan, untuk memaksimalkan pemanfaatan dan pengelolaannya.

Hal tersebut disampaikan H Mugeni ketika mengunjungi lokasi kolam ikan yang ada di Desa Jirak, Kamis (17/06/2021) siang.

Lebih lanjut Mugeni mengatakan,  kekayaan alam berupa bermacam-macam jenis ikan, seperti ikan haruan (gabus), toman, sepat, biawan, dan lainnya yang ada di Desa Jirak, sangat berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat.

BACA:  Jamaah Banjiri Haul ke-122 Syekh Abdussamad Bakumpai

Namun, perlu dikelola secara benar di samping dari hasil ikannya juga bisa sebagai wisata pemancingan.

Untuk melestarikan dan menjaga kekayaan alam, diharapkan tidak ada penangkapan secara brutal.

Ada semacam pembuatan kolam air dalam yang saat kemarau ikan akan terkumpul sehingga bisa dijadikan sebagai bibit secara alami apabila datang musim hujan.

Sementara Sekdes Jirak Rahmat K didampingi Kaur Umum, mengatakan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Perikanan untuk pembuatan telaga atau kolam air dalam.

BACA:  Produksi Tertinggi Bawang Merah Berada di Wilayah Ini

Guna melestarikan ikan jenis lokal, dan diperkirakan Agustus ini akan dibuka untuk wisata pemancingan sehingga bisa meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat.

“Kami juga berkoordinasi dengan Dinas PUPR Tabalong untuk peningkatan akses jalan menuju lokasi pemancingan,” pungkas Rahmar. (mj-38/dya)

(Visited 4 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *