Mendaki Puncak Halau-halau, Lintasan Terhalang Pohon Tumbang Ukuran 2 Diameter

oleh -256 views

Sebuah pohon besar beserta akarnya tumbang diterpa angin kencang, Senin (31/12/2018) siang, Hal itu membuat jalur pendakian yang dilakukan beberapa pendaki asal Kandangan menuju puncak Halau-halau, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, menjadi terhalang.

BARABAI, Muhammad Hidayat

Pohon yang tumbang tersebut diperkirakan berdiameter 2 meter dengan tinggi sekitar 10 meter ke atas. Lokasinya berada di jalan mendaki dari basecamp Sungai Karuh menuju Pos Jumantir.

Salah seorang pendaki asal Kandangan dan kebetulan sedang turun dari pendakian, Ikhwan kepada wartawan koranbanjar.net mengatakan, saat naik menuju puncak tidak ada pohon yang tumbang, setelah perjalanan turun ia terkejut karena jalur pendakian tertutup akar dan pohon yang tumbang tersebut.

Pohon tumbang
Pohon tumbang

“Memang saat malam angin begitu kencang bertiup sampai kami khawatir tenda kami yang didirikan di puncak terbang dibawa angin,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sempat kebingungan mencari jalan pulang, karena jalannya tidak kelihatan. “Saya kira kami tersesat dan salah jalan, karena akarnya yang besar dan bertanah menutup dan membuat jalan menjadi tak terlihat,” tambahnya.

Diperkirakan selain karena angin yang bertiup kencang, kondisi tanah yang sedikit basah akibat hujan yang akhir-akhir ini sering terjadi di wilayah pegunungan.

Pantauan wartawan koranbanjar.net pohon utama yang tumbang berukuran sangat besar sehingga pohon lain yang di sekitarnya juga ikut tumbang, total pohon yang tumbang berjumlah 3 batang. Terlihat para pendaki mencari dan membuat jalur alternatif lain dan berhati-hati karna kondisi jalan yang licin dan medan yang begitu terjal. (*)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan