Tak Berkategori  

MEMBANGGAKAN, Pemprov Kalsel Raih Penghargaan Peduli HAM

JAKARTA, KORANBANJAR.NET – Seakan tak puas dengan sejumlah penghargaan tingkat nasional yang telah di raih Kalsel di sepanjang bulan November sampai Desember ini, kini Kalsel kembali meraih prestasi nasional.

Prestasi kali ini menobatkan Kalsel sebagai provinsi pembina terbaik Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham RI.

Pemprov Kalsel dinilai berhasil membina kabupaten dan kotanya dalam hal kepedulian tentang HAM.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, kepada Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, pada Peringatan HAM se dunia ke 70 di Kemenkumham, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Usai menerima penghargaan, Wagub Rudy Resnawan mengatakan, penghargaan ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, di tahun 2017 hanya ada 11 kabupaten dan kota di Kalsel yang meraih penghargaan.

“Alhamdulillah, tahun ini semua kabupaten dan kota di Kalsel menerima penghargaan HAM, meski masih ada satu daerah yang masih cukup peduli HAM,” katanya tanpa menyebut satu daerah yang dimaksudnya.

Di tahun mendatang, lanjut wagub, semua kabupaten maupun kota di Kalsel harus mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten dan kota Peduli HAM.

Menkumham RI, Yasonna Laoly, yang berhadir dalam penyerahan penghargaan, mengatakan, pemberian penghargaan Peduli HAM ini bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten dan kota dalam melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan dan penegakan HAM.

“Indikator penghargaan Peduli HAM meliputi hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan hak lingkungan yang berkelanjutan,” jelas Yasonna Laoly.

Penghargaan Peduli HAM ini selayaknya menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi Kalsel, karena Kalsel menjadi satu-satunya provinsi di Kalimantan yang semua kabupaten dan kotanya meraih penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham RI. (banjargroup/dny)