Memanfaatkan Waktu Istirahat, Warga Terdampak Banjir Ramai Pilih Pakaian Layak

oleh -385 views
Warga sedang memilih pakaian yang cocok digunakan. (Sumber foto : Nuha/koranbanjar.net)

Warga terdampak banjir di Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) beramai-ramai memilih pakaian layak pada malam hari memanfaatkan waktu istirahatnya setelah seharian beraktivitas, Sabtu (23/1/2021).

AHMAD SYAIFIN NUHA,Hantakan

SEJAK  pagi hingga menjelang petang, warga terdampak bencana banjir disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti membersihkan rumah mereka dan lainnya.

Ketika istirahat pada malam hari, saya menyaksikan mereka memanfaatkannya untuk mencari berbagai jenis pakaian layak yang cocok digunakan dari hasil kumpulan donatur.

Terlihat, warga bercanda ria di lokasi tempat penumpukan pakaian layak di salah satu sekolah di sana, baik orang tua hingga anak-anak ramai mencari pakaian.

Salah seorang warga Desa Hantakan, Kartini mengatakan, pakaian layak yang diberikan oleh donatur sangat berguna bagi warga terdampak banjir.

Pasalnya, hampir seluruh sisa pakaian yang mereka miliki basah dan terkena lumpur akibat banjir.

Kemudian, ada juga warga yang tidak memiliki pakaian karena rumah tinggal bersama isinya hilang terbawa arus air saat banjir bandang.

“Bantuan baju-baju ini sangat berguna sekali bagi kami, beberapa hari tidak ada panas pakaian tidak kering,” ucap Kartini sambil memilih pakaian.

Ia menjelaskan, para penyalur bantuan hendaknya berkoordinasi dengan pihak setempat ketika menyalurkan bantuan khususnya pakaian layak.

Tumpukan pakaian layak di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kecamatan Hantakan. (Sumber foto : Nuha/koranbanjar.net)
Tumpukan pakaian layak di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kecamatan Hantakan. (Sumber foto : Nuha/koranbanjar.net)

Banyak tumpukan pakaian berserakan di pinggir ruas jalan di Kecamatan Hantakan, karena tidak ada koordinasi antara penyalur dan pihak posko penerima bantuan.

“Kalau ada orang yang ngantar baiknya suruh ke sini saja satu tempat, jadi warga yang mau mencari pakaian lebih gampang,” tandasnya. (mj-030/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan