oleh

Masyarakat Harus Update Data Sendiri Di Sensus Penduduk 2020

BANJARBARU, koranbanjar.net – Sensus penduduk yang dilaksanakan secara nasional pada 2020 mendatang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan rutin 10 tahunan itu nantinya menggunakan sistem data berbasis registrasi dan dilakukan secara mandiri oleh warga.

Artinya, masyarakat dimita melakukan update atau memutakhirkan data kependudukannya sendiri secara digital melalui sebuah website resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Jadi kalau dulu petugas sensus yang aktif mendatangi tempat tinggal penduduk, maka tahun depan akan dibalik. Masyarakat yang aktif mengupdate data kependudukannya sendiri,” ujar Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Kalsel, Dudi Barmana, di Seminar Nasional Matematika dan Terapan II, Sabtu (24/8/2019), di Hotel Montana Syariah Banjarbaru.

Pengunaan metode sensus dengan data berbasis registrasi diperhitungkan lebih akurat dan hemat biaya dibanding dengan pencacahan manual. Namun, bukan berarti sensus dilakukan tanpa petugas. BPS tetap menerjunkan sejumlah petugas untuk masyarakat yang tidak menguasai teknologi.

Rencananya, sensus penduduk dilaksanakan BPS sekitar bulan Maret-April 2020. (ykw/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: