oleh

Mantap ! Kejati Kalsel Berikan Konsultasi Hukum Gratis, Dan Bimbingan Tahfiz Quran

BANJARMASIN-koranbanjar.net – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Selatan memberikan konsultasi hukum secara gratis, selain itu juga membimbing anak-anak yang suka membaca Alquran agar menjadi seorang hafiz(penghafal Alquran) atau hafizah( bagi perempuan).

Kegiatan yang dilaksanakan ditempat keramaian itu dimulai pada pukul 8 pagi ini, bertempat di kawasan car free day Siring Menara Pandang Jalan Pierre Tendean Banjarmasin

Hal itu dilakukan dalam rangka pengoptimalan pelayanan hukum kepada masyarakat berdasarkan arahan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung RI, yang mana kejaksaan sebagai lembaga pemerintah harus memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Berdasarkan pengamatan koranbanjar.net saat berada di lokasi acara tersebut, Minggu(22/09/2019), Koodinator Perdata dan Tata Usaha Negara(Datun) Kejati Kalsel, Muhtadi memberikan penjelasan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan permasalahan hukum melalui pengeras suara.

Beberapa saat terlihat sejumlah remaja laki-laki dan perempuan menghampiri untuk melihat dan membaca buku tentang hukum yang tersusun di mobil Penkum Kejati Kalsel, sembari Muhtadi sesekali berbincang-bincang dengan beberapa remaja yang diketahui berstatus mahasiswa itu.

Selesai melayani adik-adik itu, tiba-tiba Muhtadi memanggil serombongan anak-anak yang saat itu sedang melintas.

Anak-anak yang terlihat masih seusia SD untuk diajak membaca Alquran dengan cara menghafal.

“Coba baca salah satu surah dalam Alquran yang adik-adik sekalian hafal,” ucap Muhtadi.

Dua orang anak laki-laki dan perempuan mencoba membaca Surah Anaba tanpa melihat Alquran. Muhtadi yang didampingi oleh Kasi Idpolhamkam Hartono dan Kasi Penkum Makhpujat pun ikut mengiringi bacaan hafiz dan hafizah tersebut.

Usai menyelesaikan hafalannya, anak-anak itu berfoto bersama dengan Kejati sambil mengucapkan yel-yel “Kejaksaan Hebat Yes”.

Kepada koranbanjar.net Muhtadi menyampaikan kejaksaan memiliki fungsi sebagai pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Jadi kami ingin mengoptimalkan pelayanan hukum kepada masyarakat, salah satunya dengan cara hadir ditengah-tengah khalayak ramai memberikan konsultasi hukum secara gratis,” terangnya.

Selain itu, lanjut Muhtadi.Kejati Kalsel akan memberikan bimbingan kepada anak-anak yang ingin menjadi seorang Hafiz atau Hafizah.

“Kita ada punya Alquran khusus untuk hafiz, seperti yang dilakukan anak-anak tadi bagaimana menghafal yang baik, karena kita ada ahli yang bersedia memberikan bimbingan Tahfiz Quran,” ujarnya.

Ia berharap generasi sekarang menjadi generasi yang sadar hukum dan berakhlak qurani.

Kejati ingin hadir ditengah-tengah masyarakat di berbagai segmen dan persoalan sosial masyarakat.

“Jadi Kejati bukan hanya menangani masalah hukum, tetapi kita ingin terjun menangani permasalahan-permasalahan sosial,” pungkasnya.(yon)

Komentar

Jangan Lewatkan