Mahasiswa UIN Antasari KKN di Loksado, Ini Pesan Bupati HSS

oleh -109 views
Mahasiswa UIN Antasari KKN di Loksado, Ini Pesan Bupati HSS
Bupati HSS Achmad Fikry memberikan sambutan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin, yang Akan KKN di Loksado

KANDANGAN, koranbanjar.net – Pemkab HSS menggelar acara penyambutan untuk 98 orang mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang akan melaksanakan KKN di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis (3/9/2019) di Pendopo Kabupaten HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry berpesan, mahasiswa-mahasiswi yang melakukan KKN di HSS agar bisa secepatnya beradaptasi dengan lingkungan lokasi KKN. Utamanya dengan segera bersosialisasi dengan tokoh masyarakat mengenai hal yang akan dilakukan selama KKN.

Diimbau Bupati Fikry, seandainya ada sesuatu hal baru dan bagus, yang mau diterapkan pada masyarakat di lingkungan KKN, diharapkan untuk melihat situasi dan kondisi.

“Karena tidak bisa serta merta (menerapkan sesuatu hal baru), sebab hal ini menyangkut masyarakat,” ucap Fikry.

Maka dari itu ujar Fikry, ditekankannya modal utama dalam melakukan KKN, bagaimana agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Bupati Fikry menjelaskan, di Loksado masyarakat mempunyai beragam kepercayaan. Ada yang masih menganut aliran kepercayaan Kaharingan, Kristen dan Islam. Sehingga diimbaunya dalam menyampaikan sesuatu, untuk menggunakan bahasa yang bisa diterima semua pihak.

Selama dua bulan melaksanakan KKN, mahasiswa diharapkan bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. “Berilah pemahaman pendidikan, serta dorongan dalam hal keagamaan, dan yang terpenting sesuaikan situasi dan kondisi masing-masing tempat tinggalnya,” pesan Fikry.

Jika mahasiswa KKN ada yang berniat melakukan rekreasi di Loksado, diimbaunya jangan pergi seorang diri. Hal itu agar menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, ke tempat rekreasi yang berada di hutan.

“Yang pasti pergi berteman. Kalau bisa agar meminta bantu ditemani warga di sana, agar jangan sampai ada sesuatu yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Mengenai proses dan hasil KKN nantinya, jika ada memerlukan diskusi dengan pihaknya, ia mempersilakan. Diharapkan setelahnya, ada sebuah rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan Pemkab HSS, untuk dilakukan perbaikan.

Camat dan para Kepala Desa di Loksado juga menghadiri penyambutan tersebut untuk menyambut dan memberikan dukungannya pada mahasiswa KKN tersebut.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Antasari Banjarmasin M Abduh Amri mengatakan, jika ada yang kurang berkenan dari mahasiswanya saat melakukan KKN agar diberikan teguran dari pihak HSS.

Abduh mendoakan kegiatan KKN mahasiswanya itu bisa memberikan berkah, terutama desa yang didatangi mendapatkan dampak positif untuk perkembangannya.

“Terutama anak-anak termotivasi melihat kakak-kakaknya kuliah, jika bagus pelaksanaan kegiatan keagamaan dan sebagainya, sehingga termotivasi untuk juga kuliah ke UIN Antasari,” ujarnya. (yat)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan