oleh

Mahasiswa Akper Pandan Harum Ikuti Latihan Sea Survival

-Banjarbaru-10 views

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sejumlah 40 mahasiswa Akademi Keperawatan Pandan Haram mengikuti latihan Sea Survival di aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Jalan A Yani, Km 28.200, Banjarmasin.

Latihan yang terdiri dari materi kelas dan praktek lapangan ini diinstrukturi langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono.

Setelah melaksanakan materi kelas, Mujiono langsung memberikan materi praktek berupa teknik-teknik dalam Sea Survival di Danau Seran Banjarbaru, Sabtu (7/7) tadi.

Praktek lapangan Sea Survival tersebut dibuat seolah-olah mengambarkan kejadian yang sebenarnya dalam mengatasi bagaimana memberikan bantuan kepada seseorang yang tengah mengalami musibah dan sedang meminta bantuan di laut.

Semua materi kelas yang telah diberikan selama 5 hari sebelumnya, langsung dipraktekkan oleh peserta agar instruktur bisa menilai sampai dimana peserta dapat menangkap pelajaran yang sudah diberikan.

Selain itu, pada praktek lapangan tersebut juga dijelaskan mengenai prioritas yang menunjang survivor agar lebih lama bisa bertahan hidup di air, seperti udara, suhu, istirahat, minum dan makanan.

Para peserta yang mengikuti latihan Sea Survival ini tidak hanya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga, tapi juga merasakan sensasi yang menyenangkan karena bisa berkegiatan secara positif di air. Kerjasama dan kekompakan tim tentu menjadi salah satu kunci dalam simulasi Sea Survival ini.

Namun, Mujiono menjelaskan, dalam praktek lapangan tersebut, ada juga sebagian peserta yang masih takut dengan air, bahkan saking takutnya, malah ada peserta yang menangis. Akan tetapi, dengan berbagai pembelajaran, pendekatan dan dengan memberikan rasa yakin yang dilakukan oleh para instruktur, akhirnya semua peserta dapat mencoba praktek Sea Survival tersebut.

“Setelah semua peserta melakukan, mereka mau mencobanya lagi,” ungkap Mujiono.

Mujono menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas petugas Kegawatdaruratan dalam berkegiatan di air dan juga sebagai persiapan diri sendiri apabila suatu waktu mengalami musibah.

Pelatihan SAR tingkat dasar ini merupakan salah satu program edukasi kegawatdaruratan yang dirancang oleh Akademi Keperawatan Pandan Harum untuk membekali keterampilan dan kemampuan para mahasiswa dalam melaksanakan kiprah petugas Kegawatdaruratan di lapangan, terutama yang berkaitan langsung dengan proses penyelamatan di air.

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Endrow Sasmita, menyampaikan apresiasinya terhadap Yayasan Akademi Keperawatan Pandan Harum yang sudah mempercayakan pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin untuk melatih para mahasiswa dan mahasiswi Akademi Keperawatan Pandan Harum.

“Semoga kerjasama ini akan selalu terjalin dengan baik,” kata Endrow. (humas SAR/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: