oleh

Magang Dan Studi Banding Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Ke Pulau Lombok

LOMBOK, koranbanjar.net – Demi meningkatkan Pengembangan Kemampuan dan pengetahuan bagi pegawai di SMK-PP Negei Banjarbaru, tim manajemen SMK-PP Negeri Banjarbaru memberangkatkan 13 Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk melakukan Magang dan Studi Banding ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari, yang terhitung dari tanggal 9 Oktober hingga 12 Oktober 2019. Kegiatan yang terbagi menjadi 2 kegiatan ini diantaranya terdiri dari 3 orang untuk Magang dan 10 orang untuk melakukan Studi Banding.

Mereka melakukan kunjungan ke beberapa tempat diantaranya, untuk Studi banding ke SMKPP Negeri Mataram, P4S Kuntum/Japri Farm, Lombok Flora, Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BPPTP). Sedangkan untuk Magang di P4S Kuntum/Japri Farm (Budidaya Bawang Merah) dan di Lombok Flora (Tanaman Hias).

Menurut ketua rombongan Ir. Hj. Ida Karliani Noor, mengatakan, pemilihan daerah Lombok karena merupakan salah satu daerah pertanian yg banyak Menghasilkan Tanaman Pertanian.

“Seperti Kopi, Kakao, Bawang Merah, Tanaman Hias dan Tanaman Pertanian lainnya,” ucapnya.

Masih menurut Koordinator Administrasi di SMK-PP Negeri Banjarbaru ini, pelaksanaan kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan.

“Sehingga nantinya dengan adanya Magang dan Studi Banding ini mereka dapat mengambil pengalaman dan ilmu di tempat yang mereka kunjungi, sehingga pengetahuan pegawai bertambah, dan sebagai upaya dari peningkatan kompetensi dari pegawai atau ASN,” katanya.

Seperti disampaikan salah satu peserta studi banding, Rasyidi menyampaikan pengalamannya.

“Dengan adanya studi banding, kita mendapatkan pelajaran yang baru, menambah keakraban, menambah wawasan bagaimana kondisi disana dan bagaimana kalau diterapkan disini, kita ambil yang baiknya saja,” ungkapnya.

Setelah selesai melakukan magang dan studi banding tersebut, mereka setelahnya diwajibkan membuat laporan yang kemudian ilmu yang mereka dapatkan pada saaat magang ataupun studi banding, dapat diterapkan.(wd/maf)

Komentar

Jangan Lewatkan