oleh

Mada – Ferry Serahkan Berkas Tanpa Tanda Terima

MARTAPURA, koranbanjar.net – Mada Teruna dan Ferryansyah menyerahkan berkas dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar saat batas akhir waktu yang ditentukan, Minggu (23/2/2020) malam.

Batas akhir waktu untuk penyerahan berkas dukungan yang ditetapkan oleh KPU adalah pada pukul 24.00 Wita, Minggu (23/2/2020).

Pasangan bakal calon kepala daerah Kabupaten Banjar itu hanya diwakili oleh tim, datang ke KPU Banjar untuk menyerahkan berkas pada pukul 22.00 Wita dengan membawa 36.146 berkas dengan sebaran 20 kecamatan.

Setelah diterima berkas berkas itu, pihak KPU pun melakukan pengecekan. Dalam proses tersebut didapati beberapa kekurangan, diantaranya berkas dukungan 3 desa tidak ada dan di sebagian berkas B1.1.KWK juga belum ditandatangani oleh Mada Teruna sebagai bakal calon Bupati.

Mendengar hal tersebut, Mada – Ferry pun langsung meluncur ke KPU Banjar untuk menyelesaikan administrasi berkas dukungan untuk dia dan pasangannya.

Dari pantauan koranbanjar.net, bahkan sampai pukul 24.00 Wita alias 00.00 Wita, tim ‘Sahabat Membangun Negeri’ masih sibuk melengkapi administrasi berkas dukungan, sampai KPU Banjar pun meminjamkan fasilitas kantornya untuk keperluan memfotokopi berkas dukungan tersebut.

Hingga akhirnya, lewat dari batas yang ditentukan dalam penyerahan berkas, KPU Banjar melakukan pengecekan ulang berkas dan semua wartawan disuruh keluar.

Lantas bagaimanakah nasib berkas dukungan tim Mada – Ferry? Diterima atau ditolak?

Terkait penyerahan berkas, Komisioner Bawaslu Banjar, Hairul Falah menjelaskan dari hasil pengawasan Bawaslu, Mada – Ferry menyerahkan berkas dukungan pada pukul 23.00 Wita.

“Untuk masalah administrasi itu nanti akan dicek oleh KPU Banjar, kami cuma berwenang melakukan pengawasan,” ucapnya.

Hairul Falah pun tidak berani memastikan apakah berkas dukungan diterima atau tidak.

“Yang jelas berkas sudah diserahkan. Terkait diterima atau ditolak, nanti KPU yang menentukan sesuai aturan,” tambahnya.

Senin (24/2/2020) pukul 03.00 dinihari, KPU Banjar selesai melakukan pengecekan berkas. Namun saat ditunggu diluar kantor oleh sejumlah wartawan, Ketua KPU Banjar pun tidak muncul untuk memberikan keterangan.

“Beliau sedang kelelahan dan tidak bisa berkomentar dulu mengenai berkas dukungan Mada – Ferry,” terang Kasubbag Hukum, Masagoes A Zulkifli.

Karena mangkirnya KPU Banjar kepada sejumlah wartawan, mengenai status berkas dukungan untuk Mada – Ferry masih belum jelas.
Tim Mada-Ferry sendiri meminta agar dibuatkan tanda terima berkas, tetapi pihak KPU Banjar tidak bisa memenuhinya. Disebutkan oleh KPU Banjar melalui Karim, bahwa tunggu saja prosesnya perihal itu nanti, dibuatkan atau tidak berita acara penerimaan berkas. Karena, pihaknya masih akan berkoordinasi internal dulu.
(har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: