oleh

LUAR BIASA! Ziarah Kubro Susur Sungai I Diikuti Ratusan Peserta. Panitia pun tak Menyangka

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Luar biasa, Ziarah Kubro Susur Sungai (ZKSS) I di kawasan Sungai Martapura Banjarmasin yang diadakan oleh Habib Fathurrachman Bahasyim dalam rangka Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H ternyata mampu menarik perhatian 400 lebih peserta yang berasal dari berbagai daerah wilayah Kalsel, Kalteng, hingga Kaltim, Sabtu (14/4).

Padahal, dikatakan Ketua Panitia ZKSS I, Habib Fathurrachman Bahasyim, ia bersama panitia lainnya sama sekali tidak menduga acara ZKSS I tersebut diikuti banyak peserta. “Ternyata antusias masyarakat terhadap acara ini luar biasa, sehingga tanpa kita duga pesertanya mencapai 400 orang lebih,” katanya kepada koranbanjar.net

Sebelum melakukan susur sungai menziarahi makam-makam para ulama yang ada di pesisir Sungai Martapura, acara dibuka dengan peringatan Isra Mi’raj di Kubah Habib Hamid Bahasyim Jalan Teluk Tiram Banjarmasin Selatan.

Peringatan Isra Mi’raj tersebut diisi dengan tausiyah oleh Habib Fuad Hasan Bahasyim dan Habib Abu Bakar bin Salim Alatas dari kota Semarang.

Menariknya, disela acara, Habib Fathurrachman melakukan lelang Mushaf Al Qur’an yang hasilnya disumbangkan untuk Mushala Habib Hamid Bahasyim.

Setelah peringatan Isra Mi’raj dilaksanakan, ziarah kubro pun dimulai dengan menggunakan 20 buah kelotok dengan menjalani rute dari Kubah Habib Hamid Bahasyim menuju Kubah dan Masjid Pangeran Suriansyah, lalu berakhir di Kubah Surgi Mufti Syekh Jamaludin.

Pada saat rombongan ZKSS I tiba di makam Sultan Suriansyah, keluarga dari Kesultanan Banjar, yakni Pangeran Nuryakin juga ikut andil pada acara tersebut dengan menerangkan kisah tentang sejarah Kesultanan Banjar.

Selama acara susur sungai berlangsung, Habib Fathurrachman Bahasyim menghimbau kepada seluruh peserta bahwa sungai bukanlah tempat sampah. Seluruh peserta dilarang keras membuang sampah di sungai. “Kebersihan adalah sebagian dari pada Iman. Jadi tolong kepada jamaah sekalian selama dalam perjalanan berkelotok menyusuri sungai diharapkan jangan sampai membuang sampah ke sungai,” himbaunya.

Sesuai pantau koranbanjar.net, para peserta menyatakan kepuasannya mengikuti acara ZKSS I ini. Sebagian peserta lainnya malah mengatakan akan mengikuti kembali acara ziarah kubro tersebut tersebut jika memang nantinya akan diadakan kembali tahun depan.

“Kami sangat senang dan sangat bahagia karena dapat mengikuti ziarah susur sungai yang baru pertama kali diadakan di Banjarmasin, bahkan di Indonesia ini. Selain bisa bersilaturahmi, kita juga bisa saling berkenalan dengan peserta dari berbagai daerah,” tutur Vika, peserta dari Pekapuran Banjarmasin kepada koranbanjar.net.

Mengingat sukses dan banyaknya jumlah peserta yang ikut dalam ZKSS I yang memang pertama kali diadakan di Indonesia ini, Habib Fathurrachman Bahasyim mengatakan, acara ZKSS tersebut akan dijadikan agenda tetap dan dapat dipastikan akan digelar kembali pada setiap peringatan Isra’ Mi’raj pada tanggal 27 Rajab. (leo/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: