oleh

Luar Biasa, Suku Dayak Bisa Bikin Bambu dan Rotan seperti Ini…

BANJARMASIN – Hasil hutan bukan kayu (HHBK) dari Kalimantan Selatan memang beragam jenisnya, antara lain seperti bambu dan rotan. Penggunaan bambu dan rotan diperlukan sebagai bahan baku dalam pembuatan furniture dan kerajinan lainnya.

Menurut Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluh dan Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Gede Surbhakti kepada koranbanjar.net, sekarang ini Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) sebagai pelaksana pembinaan kepada masyarakat di tingkat tapak terus melakukan berbagai inovasi dalam pemanfaatan bambu dan rotan.

“Seperti dari KPH Tabalong dan KPH Balangan yang membina kelompok masyarakatnya untuk membuat berbagai kerajinan baru seperti tas, dompet, tempat tissue, tempat pulpen hingga tempat sampah dengan menggunakan bahan baku bambu dan rotan. Ini sangat menarik menjadi inspirasi KPH-KPH yang lain,” ungkapnya.

Bahkan kerajinan ini, menurut dia, lebih dipercantik dengan adanya paduan dan kombinasi bahan yang lain seperti kain khas Kalimantan Selatan yaitu sasirangan. Dari KPH Tabalong, kerajinan ini dibuat Kelompok Sinar Bambu yang beranggotakan 15 orang yang berasal dari suku Dayak Deah,” ujarnya.

Kelompok Sinar Bambu, imbuhnya, mempunyai kemampuan keterampilan dengan seni mengayam yang cukup tinggi, sehingga menghasilkan tas, tempat tissue dan tikar yang cantik.

“Untuk harga berkisar Rp5.000 – Rp 50.000 per buah, tergantung kesulitan pembuatannya, dan bahkan mereka juga menerima segala bentuk pesanan dari konsumen,” jelas dia.

Adapun kerajian yang dihasilkan Sinar Budaya yang terletak di Desa Ajung yang bersuku Dayak Pitap menghasilkan kerajinan berupa tempat tissue, tempat pulpen, butah/gantang, tas, bakul dan tapis yang berbahan bambu tirik/buluh akar. Selain itu, rotan dan kain sasirangan sebagai kombinasi.

“Bagi ibu-ibu yang suka pakai pernak-pernik hand made mari koleksi produk kerajinan dari kedua KPH ini, karena produk ini memang cantik dan unik jika dipandang dari nilai estetikanya. Untuk mendapatkan atau membelinya dapat langsung datang ke galeri Seksi Pengolahan Pemasaran dan PNBP Dishut Provinsi Kalsel Jl. Gatot Subroto No. 7 Banjarmasin,” pungkasnya.(sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: