LPB Astra Kembangkan UMKM Tabalong dan Balangan dengan Budidaya Kelulut

  • Bagikan

Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) kini mengembangkan UMKM di Kabupaten Tabalong dan Balangan dengan membudidayakan madu kelulut serta lahang dari pohon aren.

KALIMANTAN SELATAN, koranbanjar.net – Hal ini disampaikan secara daring atau virtual melalui aplikasi zoom metting, Jumat (22/1/2021) pagi.

Owner budidaya madu kelulut, Khair Riftia mengatakan, pembudidayaan yang ia lakukan tidaklah sulit, karena hanya dengan mempunyai lahan yang dibuat sedemikian rupa, agar terasa teduh. Lalu bentuklah papan atau kayu untuk sarang kelulut.

Katanya, setelah itu tak ada hal-hal lainnya, hanya saja jika musim hujan harus sering dikontrol. Untuk memanen pun juga tak terlalu sulit, bahkan sangat mudah. “Tinggal disedot menggunakan sedotan,” ucap hair dalam virtual zoom.

Khair memulai budidaya itu dari 20 koloni atau sarang, dan berhasil yang kini sudah mencapai ribuan koloni. Seperti diketahui, madu memang menjadi booster daya tahan tubuh, apalagi di masa pagebluk seperti sekarang.

Adapun lahang, oleh ownernya, Rinawati warga Balanagan ini mengatakan, akan diproduksi menjadi gula semut atau gula aren.

Lahang atau la’ang yang disadap (diambil air dari pelepah pohon aren/air nira) yang nanti dibakar melalui wajan sehingga menjadi gula semut atau aren.

Rina menekuni bisnisnya dibantu oleh LPB Astra YDBA yang merupakan lembaga pengembang bisnis UMKM di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan.

Koordinator LPB PBL (Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Banua Lima), Amirullah menjelaskan, pihaknya sudah membina banyak UMKM dan berhasil.

Ujar Amir, pihaknya bersyukur dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah melalui UMKM bahkan Nasional.

“Kali ini UMKM budidaya madu kelulut, luar biasa, madunya sangat asli, dan dapat dikonsomsi anak-anak hingga orang tua,” kata Amir menimpali.

Untuk diketahui, LPB ini didirikan kurang lebih 3 tahunan dan dinaungi oleh PT Astra Grup. (san/maf)

  • Bagikan