oleh

Longsor Di Desa Hapalah Segera Ditangani

TANJUNG, Koranbanjar.net – Tidak lama setelah terjadi longsor di Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong, Rabu (2/10/19) lalu Dinas PUPR Tabalong beserta Anggota Dewan, Camat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tabalong sudah meninjau secara langsung kondisi longsor yang terjadi di tepi sungai tersebut.

“Intinya dari kita menunggu surat administrasi dari pemerintah desa, selanjutnya nanti kita akan kerjakan setelah suratnya masuk,” ujar Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Tabalong Wahyu Hidayat.

Ada 2 lokasi terjadinya longsor di Desa Hapalah, dan Dinas PUPR mengupayakan akan memperbaiki dua longsor itu.

“Kita sebisanya akan langsung melakukan perbaikan keduanya, namun kita ada masalah dengan pendanaan,” kata dia.

Apapun yang terjadi, sambungnya, di sana mereka mau menolong langsung.

Tetapi karena terbatas dana, jadi mungkin dari dua itu salah satu dulu yang dekat dengan rumah masyarakat akan diprioritaskan.

Di kecamatan yang sama, Di Desa Sungai Hanyar yang juga terjadi kerusakan pada beberapa bulan lalu di siring jalan samping sungai, tahun depan akan sudah mulai rencana kajian teknis secara mendalam penyebab rusaknya siring.

Penanganan akan dilakukan sesegera mungkin sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku, sedangkan jenis penanganan akan dibuatkan siring baru atau memasang batu baru.

“Kalau melihat sinergitas ini saya kira bisa melakukan dengan segera, saya optimis saja mudah-mudahan segera atau mulai hari ini agar melakukan langkah-langkah tersebut, sehingga diharapkan musibah ini tidak menghambat lalu lintas atau jalan ekonomi masyarakat,” imbuh Kepala Dinas PUPR M Noor Rifani ketika datang meninjau langsung keadaan longsor di Desa Hapalah. (mj-26/dya)

Komentar

Berita Terkini