oleh

Longsing Sehati, Menu Andalan TP PKK HSS

Longsing Sehati, merupakan menu andalan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Dalam lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (26/10/2020).

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Ketua TP-PKK HSS Isnaniah Achmad Fikry menjelaskan, longsing sehati adalah menu lontong. Berbahan dasar singkong atau ubi kayu dan tempe yang dikukus.

“Satu porsi longsing, terdapat nugget ikan haruan atau gabus, sayur lodeh pepaya dan protein nabati dari tahu,” kata Isnaniah.

Ia berharap, menu ini dapat menjadi yang terbaik di tingkat Kalsel dalam lomba cipta menu B2SA.

Kata dia, TP-PKK Kabupaten HSS rutin mengikuti lomba cipta menu B2SA tiap tahun. Dilakukan secara berjenjang dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Bertujuan, dapat diterapkan di lingkungan keluarga pada kehidupan sehari-hari.

“Lomba ini, mengkreasikan menu dengan bahan berdasarkan kearifan lokal di Kabupaten HSS. Supaya lebih menarik dan nyaman,” ucapnya.

Kata dia, jika tampilan pangan bagus, secara tidak langsung akan menarik minat anak-anak dengan menu sajian yang diolah.

Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Rolena Kinawati menerangkan, lomba ini untuk menurunkan tingkat konsumsi beras di Kalsel yang cukup tinggi.

Sesuai analisa, minat konsumsi ubi kayu atau non beras cukup tinggi. Sehingga, ubi kayu digalakkan menjadi bahan dasar pada lomba.

“Sasaran kegiatan kita adalah keluarga rumah tangga. Jadi, lomba ini untuk kelompok wanita tani, UKM, dasa wisma atau kelompok wanita lainnya,” pungkasnya. (MJ-030/YKW)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: