oleh

Lomba Ikan Cupang Diikuti Ratusan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Selain dari Kalimantan Selatan, peserta dari luar daerah juga ikut ramaikan perlombaan ikan hias cupang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (1/12/2019).

Belakangan ini, ikan hias cupang naik daun dengan banyaknya komunitas ikan cupang yang tersebar di Kalimantan Selatan.

Lomba Ikan Cupang Diikuti Ratusan
Kepala Dinas Perikanan Banjar, HM Riza Dauly (kiri) dan Ketua Panitia Lomba Ikan Hias Cupang, Sipliansyah Hartanai (kanan). (Foto: humaidi/koranbanjar.net)

Lomba ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Banjar sebagai bentuk Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, HM Riza Dauly mengatakan, diselenggarakan lomba ini bertujuan agar para pelaku budidaya dan penjual ikan hias mengalami peningkatan dan sekaligus menjadi ajang promosi untuk mereka.

“Lomba ini juga bertujuan untuk mengumpulkan komunitas ikan cupang, dan menjadi ajang silahturahmi bagi mereka,” tambah Riza Dauly.

Ketua Panitia lomba Ikan Hias Cupang, Sipliansyah Hartani menambahkan, total peserta yang mengikuti lomba ini kurang lebih 250 peserta untuk semua kategori.

“Untuk peserta itu sendiri tidak hanya dari Kalimantan Selatan, tadi dari Kalimantan Timur sudah ada yang konfirmasi ke panitia, begitupun dengan Kalimantan Tengah,” jelas Sipliansyah kepada koranbanjar.net.

Dalam perlombaan kali ini, sambungnya, ada 25 kategori penilaian yang akan dinilai. “Di antaranya kategori Baby Shrimp, Koi, dan Giant, serta masih banyak lagi,” tandasnya.

Untuk pemenang lomba ikan Cupang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Untuk Juara Umum akan mendapatkan penghargaan dari Bupati Banjar, untuk Best Of The Best dapat penghargaan dari Wakil Bupati, dan Best Of Show dari Kepala Dinas Perikanan. (mj-30/dra)

Komentar

Jangan Lewatkan