Tak Berkategori  

Lomba Festival Bedug di Martapura Dipastikan akan lebih Meriah. Pendaftarannya sudah Dibuka

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Dalam memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar kembali akan mengadakan lomba Festival Bedug.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Yuana Karta Abidin menuturkan kepada koranbanjar.net, Jumat siang (11/05), Festival Bedug yang dieselenggarakan dengan tujuan diantaranya untuk penyemarak penyambutan Bulan Suci Ramadhan 1439 H yang merupakan sebagai salah satu perwujudan visi dan misi dari Kabupaten Banjar sebagai Kota Serambi Mekah itu, pendaftarannya sudah dibuka dari tanggal 2 hingga 21 Mei 2018.

“Hingga hari ini sudah ada 30 kelompok peserta yang sudah mendaftar. Diperkirakan, nantinya jumlah pendaftar akan terus bertambah,” ujarnya.

Ditambahkan Yuana, yang lebih membedakan pelaksanaan lomba Festival Bedug dari tahun sebelumnya, kali ini para peserta lomba akan memakai kostum yang dapat dipastikan akan membuat acara lebih semarak lagi.

“Satu kelompok peserta terdiri dari 16 orang, terbagi dari tukang tabuh, penyair dan lain-lain. Yang membedakan dari tahun sebelumnya, pada tahun ini, peserta akan mengenakan kostum yang lebih semarak lagi. Kalau sebelumnya kan kostum mereka biasa-biasa saja,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Yuana, mengingat tahun kemarin ada satu bedug yang bolong akibat kerasnya tabuhan para peserta, maka pada tahun ini pihak penyelanggara Festival Bedug menambahkan pengeras suara yang akan diletakkan di belakang bedug, sehingga peserta tidak perlu keras dalam menabuh bedugnya.

“Belajar dari pengalaman tahun kemarin, ada satu bedug yang bolong gara-gara peserta terlalu keras menabuh bedugnya, oleh karena karena itu kita akan meletakkan pengeras suaran di bagian belakang bedug. Dengan begitu para peserta tidak perlu keras-keras lagi menabuh bedugnya. Itu juga merupakan salah satu penilaian dari para juri, meski bagus menabuhnya, tapi kalau terlalu keras, maka nilainya juga akan dikurangi,” paparnya.

Menurut Yuana, rencananya penyisihan lomba Festival Bedug akan dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar pada tanggal 22 Mei mendatang. Sedangkan untuk finalnya, akan diselenggarakan pada malam Lebaran di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zalecha Martapura. (sai/dny).