Lima Kru Tanker Chuang Yi Asal Indonesia Selamat

Kapal tanker Chuang Yi meledak lalu terbakar di perairan Hong Kong, Sabtu (16/4/2022). (Kemenlu RI)

Kapal tanker berbendera Panama pengangkut minyak dan bahan kimia itu sedang menuju ke Taiwan saat terjadi ledakan.

JAKARTA, koranbanjar.net – Ledakan disusul kebakaran menimpa kapal tanker Chuang Yi di perairan 300 kilometer timur Hong Kong, Sabtu (16/4/2022)

Merespon kondisi tersebut, KJRI Hong Kong segera berkoordinasi dengan otoritas keselamatan maritim setempat yaitu The Hong Kong Maritime Rescue Coordination Center.

Seluruh kru korban ledakan kapal Chuang Yi telah dibawa ke Queen Marry Hospital dan Pamela Youde Hospital Hong Kong. Diperoleh informasi, terdapat lima kru kapal berkewarganegaraan Indonesia.

“Sampai saat ini, lima WNI korban ledakan kapal itu dalam keadaan selamat dan dalam perawatan rumah sakit setempat. Identitas kru WNI itu berinisial JA, AS, BS, MM, dan RS,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha di Jakarta, Minggu (17/4/2022).

KJRI Hong Kong terus menjalin berkomunikasi dengan pihak otoritas terkait untuk memberikan pendampingan maksimal dan memastikan upaya medis yang optimal bagi perawatan kru WNI.

“Kemenlu juga berkoordinasi dengan Kemenhub untuk penelusuran data keluarga dan manning agency yang memberangkatkan para ABK WNI,” ujar Judha.

Kapal tanker Chuang Yi diketahui adalah kapal berbendera Panama pengangkut minyak dan bahan kimia. Kapal sedang menuju ke Taiwan saat terjadi peristiwa ledakan. (dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *