oleh

Lapas Perempuan Martapura Overload Warga Binaan

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET-Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas II A Martapura overloud atau melebihi kapasitas. Sempat direncanakan penambahan bangunan baru untuk menampung para warga binaan, namun hingga kini tidak kunjung terealisasi. Dampaknya, ruang jeruji besi yang saat ini seharusnya hanya menampung 100 orang, terpaksa harus ditinggali 390 perempuan warga binaan.

Dengan kondisi seperti ini penghuni ruang tahanan terpaksa harus berjejal di satu blok dan harus membuat tempat tidur bertingkat agar dapat tertampung semuanya.

Kepala Lapas Perempuan Klas II A Martapura, Yunengsih mengakui sempat ada wacana pembangunan ruangan baru di dekat lokasi lapas perempuan tersebut, namun hingga saat ini belum juga terealisasi.

“iya sekarang kondisinya udah over load, harusnya hanya bisa nampung 100 warga binaan, karena tiap bulan nambah terus, tahanan titipan dan pindahan, hingga sekarang mencapai 390 tahanan. Dulu sempat ada wacana mau membangun yang baru di dekat sini juga, tapi belum terealisasi,”ujarnya.

Diakuinya, daya tampung saat ini harusnya ditambah. Karena menurutnya kondisi seperti ini tentu sangat tidak nyaman bagi para perempuan yang menjadi warga binaan disana.

“Daya tampung untuk tahanan ini mestinya harus segera di tambah, karena mungkin saja dari bulan ke bulan jumlah warga binaan akan terus bertambah,”ungkapnya

Diketahui saat ini Lapas perempuan klas IIA Martapura itu menampung 390 Warga Binaan, terbagi 367 Narapidana, dan 23 Tahanan.(sai/pri)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: