oleh

Lahan Cempaka SMK-PPN Banjarbaru Mulai Dioptimalkan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Sudah sepekan berjalan, hingga Selasa (30/7/2019), program studi Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK-PPN Banjarbaru giat membersihkan kebun kelapa sawit yang ada di Kelurahan Sungai Tiung, Cempaka, Banjarbaru.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rencana optimalisasi lahan yang sudah dicanangkan. Kegiatan dilaksanakan setiap 2 kali dalam sepekan ini diikuti oleh siswa kelas XI dan XII, dengan didampingi oleh 2 orang guru produktif, dan 4 orang tenaga lapangan.

Sebagai langkah awal, para siswa mengerjakan pemeliharaan tanaman. Diantaranya melakukan penyusunan pelepah sawit yang mati untuk membuat gawangan, pemupukan dasar dan pengendalian gulma dengan herbisida.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal kita dalam pengoptimalan lahan, terutama lahan kelapa sawit yang ada di Cempaka ini. Dengan harapan nanti kedepan, lahan ini dapat menjadi sentra perkebunannya SMK-PPN Banjarbaru, dan bisa kita olah serta kita manfaatkan secara optimal,” ujar salah satu guru produktif, Rahma.

Menurutnya, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan siswa kelas XII dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) nanti. Sedangkan siswa kelas XI, kegiatan ini menjadi modal awal mereka dalam mempersiapkan diri menjalani Praktek Kerja Usaha (PKU) yang akan dilaksanakan di awal tahun depan. (tm/maf/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: