oleh

Lagi, Kebakaran Lahan Terjadi di Desa Cindai Alus

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET – Relawan dan petugas pengendali karhutla dari BPBD Banjar kembali memadamkan kebakaran lahan kering di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura. Diperkirakan seluas 2  hektare lebih areal kosong dekat dengan Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus hangus dilalap si jago merah.

Api padam diperkirakan, Senin (27/08/2018)  malam sekitar pukul 20.00 wita.

Petugas sempat kewalahan memadamkan api yang sangat sulit diatasi. Trek jalan menuju lokasi terbilang sulit, selain kering dan panas, akses ke lokasi harus melalui jalan berliku. Kesediaan air untuk memadamkan juga terbilang susah, apalagi kebakaran lahan sangat pekat dan gelap.

Plt Kepala BPBD Banjar I Gusti Nyoman  mengatakan, kebakaran terjadi di dua titik berbeda namun di desa  yang sama. Kedua lokasi berjauhan sehingga pemadaman berjalan maraton dan bergantian menuju lokasi terpisah.

“Kita berharap petugas tetap sehat sedangkan alat penunjang memadamkan api tetap baik,” ujarnya

Dia juga menambahkan, petugas pantang pulang sebelum padam meski  sampai malam hari. Tekad itu telah disampaikan sejak pertama bertugas, padahal setiap hari mereka harus hilir mudik ke lokasi lahan terbakar.

“Semoga tidak ada lagi kebakaran lahan sehingga udara KabupatenBanjar kembali sehat,”pungkasnya.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: