oleh

Kumpulan Karomah Wali Allah, Robiatul Adawiyah; Seekor Burung Antarkan Bawang Putih (2)

Tiap kekasih Allah akan mendapatkan perlakuan istimewa dari Yang Maha Kuasa, termasuk dalam urusan kebutuhan sehari-hari. Demikian pula yang dialami kekasih Allah seperti wanita sufi, Robiatul Adawiyah.

Karena cintanya yang sangat besar kepada Allah, maka Allah pun mengasihi wanita sufi tersebut tanpa batas. Hal demikian tergambar dalam karomah-karomah atau keistimewaan setiap wali Allah.

‘Abdullah bin ‘Isa at-Thafawi meriwayatkan, suatu ketika wanita sufi, Rabi’ah al-Adawiyah sedang memasak menggunakan panci. Namun ternyata, rasa masakannya kurang sedap, wanita sufi ini pun membutuhkan beberapa buah bawang putih sebagai bahan penyedap rasa.

Baru saja terbesit di dalam hati wanita sufi itu membutuhkan bawang putih, tiba-tiba muncul seekor burung yang menghampiri Rabi’atul Adawiyah dengan membawa bawang putih di paruhnya. Burung itu pun menjatuhkan bawang putih yang dinanti-nanti wanita sufi ini.

Inilah salah satu karamah wanita sufi, Robiatul Adawiyah yang disebutkan oleh Imam Hibatullah dalam Jami’ Karamatil Auliya, buku ensiklopedia karamah wali-wali Allah.(*)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: