Kuatkan Kelembagaan PBBM, BPBD Banjar Adakan Berbagai Kegiatan

oleh -287 views
SOSIALISASI – Foto bersama BPBD Banjar usai melaksanakan Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana di Desa Lok Tangga, Kecamatan Karang Intan, Senin (25/3). (foto: BPBD Banjar)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Demi menguatkan kelembagaan Penanggulangan Berbasis Masyarakat (PBBM), Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, telah melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan dan sosialisasi yang diadakan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar.

Kegiatan yang dimaksud di antaranya seperti pelatihan Penanggulangan Berbasis Masyarakat (PBBM) yang diadakan di Kecamatan Astambul, Kamis (21/3/2019) lalu.

Kemudian, Senin (25/3/2019) kemarin, BPBD Banjar juga melaksanakan sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) kepada warga Desa Lok Tangga, Kecamatan Karang dan di Desa  Keramat Mina Kecamatan Cintapuri Darussalam, (26/3/2019) kemarin.

Sosialisasi PRB di Desa Keramat Mina, Selasa (26/3). (foto: BPBD Banjar)

Sekretaris Desa Keramat Mina, Soddiq, menanggapi positif sosialisasi PRB tersebut.

Menurutnya, sosialisasi PRB dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi ancaman bencana dan mampu mengajak masyarakat untuk turut aktif dan berinisiatif melakukan upaya-upaya PRB di Desa Keramat Mina.

“Sosialisasi PRB ini juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat apabila terdapat kemungkinan terjadinya bencana di wilayah desa,” ucapnya.

Sedangkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat di daerah rawan bencana mengenai ruang lingkup rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana serta untuk mengetahui pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana, kemarin (26/3/2019), BPBD Banjar juga telah melaksanakan sosialisasi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura, dan di Desa Jambu Raya, Kecamatan Beruntung Baru, tadi (27/3/2019).

Melalui sosialisasi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di dua tempat tersebut, diharapkan masyarakat dapat ikut berperan aktif merehabilitasi dan merekonstruksi daerahnya pasca bencana.

Selanjutnya, BPBD Banjar akan melanjutkan pelatihan PBBM, kepada masyarakat di Kecamatan Mataraman, besok (28/3/2019).

Seluruh kegiatan dan sosialisasi BPBD Banjar tersebut dinarasumberi pihak kecamatan masing-masing, PMI Banjar serta dari pihak BPBD Banjar sendiri.

Berbagai kegiatan dan sosialisasi BPBD Banjar ini selain dilaksanakan untuk penguatan kelembagaan PBBM, juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam hal penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, bagi BPBD Banjar, berbagai kegaitan dan sosialisasi tersebut dianggap mampu menanamkan budaya kesadaran masyarakat terhadap penganggulangan bencana. (adv/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan