Advertorial

KTH Budidaya Trigona Lakukan Bimbingan Teknis Lebah Madu Kelulut

BARABAI, KORANBANJAR.NET – KTH Budidaya Trigona Desa Kalibaru Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah bersama Tim Pendamping KPH PLS, melaksanakan

Bimbingan Teknis Budidaya HHBK Madu Kelulut. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada KTH, penyuluh kehutanan dan bhakti rimbawan KPH PLS tentang teknis pemecahan koloni kelulut.

Narasumber Bimtek Budidaya Lebah Madu Kelulut sekaligus Ketua KTH Budidaya Trigona, Fahruddin disampaikan teknik pemecahan koloni kelulut dengan cara cangkok dan cara perangkap.

Diketahui bahwa dari tiga cara pemecahan koloni kelulut terdapat beberapa kelemahan yaitu koloni kelulut menjadi lemah, pemusnahan koloni kelulut secara massal (koloni kelulut bunuh diri secara massal)

Pada Kegiatan Bimtek Budidaya Lebah Madu Kelulut, narasumber juga mendemonstrasikan cara  pembuatan alat pemanenan madu kelulut yang terbuat dari alat sprayer elektrik yang telah dimodifikasi dan pada saat kegiatan juga telah dilaksanakan serah terima alat panen madu Kelulut kepada perwakilan KTH yakni KTH Tunas Harapan Bersama dan KTH Bina Jambangan, masing-masing sebanyak 2 buah.(dishutkalsel/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close