Berita UtamaKota BanjarbaruPolitik

KPU Temukan Seribu Lebih Data Ganda Warga Banjarbaru

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Berdasarkan hasil rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Kedua yang dilaksanakan oleh KPU Kota Banjarbaru, DPT Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru berjumlah 156.347 orang pemilih.

Namun, jumlah tersebut ternyata mengalami penurunan hingga mencapai 1.122 orang dari DPTHP Pertama yang berjumlah 157.469 orang pemilih.

Menurut Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat, penurunan jumlah DPT ini disebabkan karena adanya kegandaan data KTP para pemilih.

“Penurunan karena ada deteksi kegandaan. Jadi sudah direkomen oleh Bawaslu untuk melakukan penghapusan data ganda tersebut,” ujar Wahyu Hidayat, saat ditemui koranbanjar.net, Senin (10/12/2018).

Ia menjelaskan, kegandaan data pemilih dalam DPT terjadi karena ada banyak warga Banjarabaru yang terdata di dua tempat berbeda saat pindah rumah.

BACA JUGA  Ayo Ke Museum Lambung Mangkurat, Pameran Wastra Borneo Sudah Dibuka Loh..

“Di tempat mereka sebelum pindah rumah sudah terdata, kemudian di tempat baru setelah pindah mereka juga terdata. Itu yang menyebabkan kegandaan data,” jelasnya.

Total jumlah 156.347 orang pemilih di Banjararbaru berdasarkan hasil rapat pleno penetapan DPTHP yang kedua ini tersebar di 732 TPS dalam 20 kelurahan di 5 kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru. (maf/dny)

Tags

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close