oleh

KPU Kotabaru Beri Keringanan Untuk Petugas KPPS di Kepulauan 

-Kotabaru-100 views

Pelaksanaan Rapid Test Covid-19, merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi petugas KPU di tingkat Kabupaten atau Kota. Hal tersebut tentunya tak terkecuali di Kabupaten Kotabaru yang akan menghelat pilkada Desember mendatang.

KOTABARU, koranbanjar.net- Namun untuk pengecualian seperti Kotabaru dimana ada daerah-daerah kepulauan yang letaknya jauh berada dari pusat kota, para petugas KPU ditingkat desa akan mendapatkan keistimewaan.

Tentunya mereka tak perlu melaksanakan rapid test sebagai syarat, dan mereka cukup hanya memberikan surat keterangan sehat seperti yang diajukan pertanyaan oleh KPU.

Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin, saat dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut, bahwa tak perlu ada rapid test untuk petugas KPU yang ada di daerah kepulauan.

“Dipersyaratan yang dibuat oleh KPU RI ada dasarnya, bahkan disitu ada penyebutan tentang wilayah – wilayah daerah kepulauan, kan kita termasuk daerah kepulauan,” kata dia kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Syarat itu, sambung Zainal, dapat dibuatkan berupa surat pernyataan oleh yang bersangkutan. Tentunya berdasarkan daftar yang bersangkutan, dan dipertanyakan gejala penyakit apa yang diderita

“Ketika daftar itu dibuat oleh yang bersangkutan dengan dasar itu, ini kan pengecualian untuk daerah kepulauan, dan itu ada suratnya maka yang bersangkutan bisa dinyatakan memenuhi syarat walaupun tidak dilakukan rapid test,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Kotabaru sendiri akan melaksanakan rapid test bagi petugas KPPS pada 21 November 2020 yang pemeriksaannya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kotabaru melalui puskesmas. (cah/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: