Tak Berkategori  

KPH Tanah Laut Siap Fasilitasi IPPKH untuk Rehab DAS

TANAH LAUT, KORANBANJAR.NET – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut siap bekerjasama dan memfasilitasi pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) yang berada di wilayah KPH Tanah Laut dalam hal pelaksanaan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS).

Hal tersebut disampaikan Kadishut Provinsi Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.hut, MP melalui Kepala KPH Tanah Laut pada saat Rapat Pembahasan Persiapan Rehab DAS di Hotel Sinar Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (24/05) lalu.

Rapat persiapan tersebut membahas rancangan teknis rencana rehab DAS yang nantinya akan disesuaikan dengan rencana Hutan Kemasyarakatan (HKm),

“Hal ini sudah disepakati bersama, dan jenis tanaman yang akan ditanam nantinya sebagian besar ialah jenis tanaman buah,” ujarnya.

Seluruh peserta rapat sangat mendukung dengan adanya rencana Rehab DAS yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut.

Langkah berikutnya, akan dilaksanakan survey lapangan yang hasilnya kemudian akan dipakai sebagai bahan untuk membuat peta perencanaan yang lebih mendetail.

Rapat persiapan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari BPDAS Barito-HL, Wakil PT. Wahana Baratama Minning (WBM) selaku pemegang IPPKH, unsur pimpinan KPH Tanah Laut, 5 Kepala Desa dan 12 Kelompok Tani Hutan (KTH)/HKm.(hmsdishutkalsel/ana)